Bisnis

1.916 Bank Jadi Peserta Penjamin LPS

MAKASSAR, BKM–Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menciptakan sistem penjaminan serta resolusi bank untuk menjadikan stabilitas sistem keuangan agar tidak terjadi efek domino yang dialami nasabah Bank.
“kita mencegah agar tidak terjadi efek domino, seperti yang sekarang terjadi di Makassar. Kita akan beresin soal rasa takut pegawai yang khawatir tidak dibayar,” kata Suharno Eliandy, Senior Excekutive Vice Presiden LPS di Hotel Aryaduta Makassar, Rabu (25/5).
Suharno membeberkan, LPS sudah mempunyai 100 kantor cabang di seluruh dunia.Hingga saat ini ada 1.916 bank yang mencakup 1.798 BPR dan 118 Bank Umum yang menjadi peserta penjaminan LPS di Indonesia.
Kepercayaan nasabah terhadap perbankan secara konsisten meningkat. Hal ini tergambar dari data peningkatan simpanan perbankan selama 6 tahun terakhir. Posisi pada bulan Januari 2016, jumlah rekening perbankan sebesar 177.272.424 (naik 82% dibandingkan tahun 2010 dan jumlah nominal sebesar Rp4A68,8 triliun (naik 88% dibandingkan dari tahun 2010).
“Selain fungsi menjaga stabilitas perbankan nasional, LPS telah melakukan fungsi penjaminan simpanan dimana sejak LPS beroperasi hingga akhir Maret 2016,” katanya. (Arditha)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top