Metro

Ini Dia Kehebatan SMK Kartika….Sepeda Motor Bisa Jadi Genset

MAKASSAR, BKM–Berita Kota Makassar menggelar ngobrol sekolah di SMK Kartika Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu 25 Mei, siang. Banyak hal yang dibahas dalam ngobrol sekolah ini. Salah satunya tentang prestasi siswa SMK Kartika dalam bidang otomotif.
Darman, guru pembina Otomotif SMK Kartika mengatakan, sekolahnya sering meraih juara di lomba otomotif tingkat SMK se Sulselbar. Satu diantaranya, karya yang pernah meraih juara 1 adalah motor yang menggunakan gas elpiji 3 kilogram.
Darman menguraikan, tabung gas cukup disimpan di motor lalu selang diarahkan ke kabulator yang telah dimodifikasi untuk bisa menjalankan mesin.
Selain itu, pada lomba 2 Juni nanti, Darman dan siswanya mempersiapkan sepeda motor yang bisa menjadi genset. ”Makassar sering padam listrik. Maka orang tidak perlu lagi siapkan genset. Cukup menggunakan mesin motor, lampu bisa menyala,” katanya.
Menurut Darman, saat ini dia sedang membuat alat yang memanfaatkan emisi gas buang menjadi power bank untuk charge handphone (HP). ”Kalau keluar daerah, HP lowbat, bisa gunakan mesin gas buang motor untuk chas HP nya. Tidak repot kan,” kata Darman sambil mengubar senyum. (Arsan)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top