maccaja
Politik

Prediksi Pasangan Cagub dan Cawagub

noimage

MAKASSAR, BKM — Pemilihan gubernur Sulawesi Selatan 2018 tinggal menghitung bulan. Tahapannya tidak lama lagi bergulir.
Seiring dengan waktu yang terus mendekat, kontestasi bakal calon, baik untuk posisi 01 maupun 02 mulai mengerucut. Ada yang menyebut pilgub mendatang akan diikuti tiga pasangan. Ada juga yang mengatakan empat pasangan. Bahkan sampai lima pasangan calon.
Nurmal Idrus dari Nurany Strategic, melihat jumlah pasangan cagub dan cawagub yang akan maju bertarung tergantung dari koalisi partai yang terbangun.  Banyaknya pasangan akan ditentukan oleh besaran koalisi, serta kemungkinan adanya yang maju lewat jalur perseorangan.
“Jika ada satu pasangan calon yang membentuk koalisi besar lebih dari tiga fraksi, maka maksimal hanya akan diikuti tiga paslon. Namun jika koalisinya menyebar, maka bisa diikuti empat pasangan calon,” ujar Nurmal, kemarin.
Terkait peluang wakil, mantan ketua KPU Makassar ini menjawab diplomatis. Kata dia, paslon akan sangat dinamis dan berpotensi melahirkan banyak kejutan sebelum pendaftaran calon pada sekitar Februari 2018 mendatang.
“Hanya Nurdin Halid yang bisa mengontrol pasangan saat ini, karena tak tergantung dari partai politik pengusung. Calon lainnya tidak akan bebas menentukan pilihan pasangan, karena akan tersandera oleh koalisi parpol,” jelasnya.
Ditambahkan dia, figur 02 akan sangat ditentukan oleh kesepakatan koalisi parpol. Hal itu membuat seorang figur calon gubernur boleh jadi akan terpaksa berpasangan, meski sebenarnya dia tidak menginginkan.
Siapa yang berpasangan dengan siapa? Baca edisi cetak terbitan besok. (rif)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top