maccaja
Sulselbar

Gedung Andi Makkoelaoe Pinrang Terbengkalai

terbengkalai aset pinrang
TERBENGKALAI-Kondisi Gedung Andi Makkoelaoe Pinrang yang terbengkalai dan tidak terawat.

PINRANG, BKM–Kondisi gedung Andi Makkoelaoe Pinrang yang tidak terawat menuai sorotan tajam dari sejumlah kalangan di Kabupaten Pinrang. Pasalnya, gedung yang peruntukkannya untuk sarana olah raga tersebut, saat ini kondisinya cukup memprihatinkan karena atapnya telah bocor. Toilet pun sudah tidak berfungsi lagi.

Yang menjadi tanda tanya, fungsi gedung itu selama ini juga kerap dipersewakan untuk acara hajatan perkawinan dan syukuran. Namun pemasukan dari sewa tersebut tidak diketahui disetor ke mana.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi saat ini. Harusnya ini menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Pinrang, khususnya menghadapi Porda 2018, dimana Pinrang adalah tuan rumah. Yang mengherankan, gedung ini kerap dipersewakan dan itu tentunya memberikan pemasukan. Tapi kenapa tidak bisa dipelihara,” kata Andi Nasron, salah seorang tokoh masyarakat Pinrang yang juga aktif di dunia olah raga.

Terpisah, Kabag Humas Setda Pinrang, H Murseng yang dikonfirmasi terkait aliran dana sewa gedung mengaku akan mempetanyakan hal itu ke dinas yang mengelola.

“Pernah saya tanyakan, tapi katanya, pihak pengelola tidak pernah menetapkan harga sewa standar karena belum di Perda-kan. Pengelola hanya minta biaya pemeliharaan kepada penyewa yang ingin menggunakan gedung itu.,” ungkap Murseng

Murseng menambahkan, sepengetahuannya, gedung itu dulu masuk dalam otoritas Dinas Dikpora yang membawahi Bidang olah raga. Namun setelah perombakan Dinas, mulai awal tahun ini, gedung Makkoelaoe beralih menjadi tanggungjawab DisPaspor.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (DisPaspor) Kabupaten Pinrang, H Aswadi Haruna yang dikonfirmasi, membenarkan jika pengelolaan gedung Makkoelaoe saat ini memang telah menjadi tanggungjawab instansi yang dipimpinnya. (ady)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top