Sulselbar

Inilah Sisa ONH Yang harus Dilunasi Jemaah Sidrap

H. Kaharuddin Aras

SIDRAP, BKM — Pemerintah Pusat sudah menetapkan harga Ongkos Naik Haji (ONH) sebesar Rp34.890.312. Berarti para calon jemaah haji di Sidrap ini sisa akan melunasi sebesar Rp9.890.312 dari setoran awal sebesar Rp25 juta.

Meski demikian, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidrap mengklaim belum menerima regulasi surat pemberitahuan secara resmi dari pemerintah pusat terkait kenaikan ONH tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kemenag Sidrap, H Kaharuddin Aras, Jum’at, (31/3). Kaharuddin menyebutkan, pemerintah pusat dan DPR telah menyepakati ONH Rp249.008 menjadi rata-rata per jemaah sebesar Rp34.890.312, yang pada tahun 2016 hanya Rp34.641.340.

“Sisa kami menunggu secara resmi kenaikan ONH hanya sebesar Rp249.008. Yang jelasnya, kenaikannya tidak terlalu tinggi,” ucapnya. Namun, katanya, yang perlu dicatat bahwa sesungguhnya itu bukan kenaikan, karena setidaknya ada peningkatan kualitas fasilitas dan pelayanan ibadah haji.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H Abdul Gaffar menambahkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan haji memang terus menjadi perhatian pemerintah. Mulai tahun ini, katanya kuota haji Indonesia secara nasional bertambah menjadi 221.000 orang, termasuk Sidrap dari sebelumnya yang hanya 168.800 orang jamaah.

Hal ini, katanya memberikan gambaran bahwa pemerintah sejauh ini terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji. (ady)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top