maccaja
Internasional

Menyaksikan Mekarnya Bunga Sakura di Osaka Jepang

sakura jepang
PENULIS di antara mekarnya bunga-bunga sakura di kota Osaka, Jepang.

Laporan:
Dr Nurlinah Subair,MSi
Dosen FKIP Unismuh Makassar
dari Osaka Jepang

SETIAP tahun ada sekitar  5 juta wisatawan dari seluruh  penjuru dunia sengaja  datang ke Jepang untuk menyaksikan  dan menikmati mekarnya sakura pada saat musim bunga.
Sakura ini asal katanya dari saku, yang dalam bahasa Jepang berarti mekar. Tapi dalam bahasa Inggris, berarti cherry bloss.
Mekarnya bunga yang merupakan bunga nasional Jepang, biasanya pada bulan April di musim semi. Jenis bunga ini merupakan simbol penting bagi masyarakat Jepang dan selalu diasosiakan.
Bunga sakura juga  merupakan simbol mengekspresikan ikatan antara manusia, keberanian,dan kesedihan. Artinya, metafora untuk ciri  kehidupan yg tidak kekal.
Kecantikan bunga  ini mempunyai arti spiritual dan  filisofis  tentang kehidupan. Bagi  orang Jepang,  bunga ini merupakan simbol  untuk kesedihan dan kegembiraan, serta mengingatkan manusia selalu bersyukur dan menghargai kehidupan dan kesedihan.
Mengingat  bunga ini hanya sekali mekar dalam setahun, maka jutaan wisata mancanegara dan lokal ingin menikmati mekarnya bunga tersebut, yang dalam bahasa Jepang disebut sakura zanzen.
Kota Osaka yang saya kunjungi pada Jumat (14/4/2017). Untuk melihat festival bunga sakura ini terdapat di area Osaka Castle,  yang  dibangun oleh Toyotomi Hideyoshi pada zaman  Shogun awal abad ke-16.
Osaka Castle ini  merupakan salah satu istana Kerajaan Jepang yang  sekarang menjadi museum modern. Istana  seluas 2  ha  terhampar  bunga sakura  jenis varietas someiyoshino. (*)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top