Sulselbar

Kuliah Umum Ketua DPRD Maros untuk Mahasiswa STKIP Yapim

KETUA DPRD Maros HAS Chaidir Syam,SIP (dua dari kiri duduk) foto bersama dosen dan mahasiswa STKIP Yapim yang melaksanakan kuliah lapangan, Selasa (25/4).

MAROS, BKM — Kantor DPRD Maros di depan Masjid Agung, Selasa (25/4) ramai dengan mahasiswa. Mereka itu bukan untuk melakukan aksi demonstrasi. Tetapi mahasiswa S1 Pendidikan Sastra dan Bahasa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (STKIP) Yapim Maros itu datang untuk menjalani kuliah lapangan.
Mahasiswa yang datang ke kantor DPRD Maros ini adalah peserta mata kuliah jurnalistik dengan dosen penanggungjawab Dr Muhammad Yahya,MSi didampingi Wakil Ketua I STKIP Yapim Maros Dr Ahdan Sinilele,SSos,MSi.
Para mahasiswa ini diterima langsung oleh Ketua DPRD Maros HAS Chaidir Syam,SIP dan legislator dari Fraksi Partai Gerindra H Hermanto Syachrul,SE.
Chaidir Syam yang berasal dari Fraksi Partai PAN menyampaikan kuliah umum dengan materi; Peran dan Fungsi DPRD  dalam Menjalankan Roda Pemerintahan di Daerah.
Pada pemaparan materi, sarjana pemerintahan Fisip Unhas ini, menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab  anggota DPRD,  sekaligus membacakan profil para legislator yang berasal dari empat daerah pemilihan di Maros.
DPRD Maros, katanya, memiliki tiga fungsi.  Yakni legislasi, penganggaran dan pengawasan.  Legislatif Maros memiliki 35 orang anggota. Tujuh diantaranya adalah srikandi politik.
Dipaparkan juga kalau APBD Maros 2017 mencapai Rp1,2 triliun. Dari jumlah itu, sekitar 10 persen teralokasi ke dunia pendidikan. Uang dari rakyat, itu katanya, sekitar 60 terserap pada alokasi anggaran birokrat.
Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp180 milir lebih. Pemasukan lebih dominan pada tambang dan pariwisata.
Wakil Ketua I STKIP Yapim Maros Dr Ahdan Sinilele,MSi dalam sambutan singkat mengucapkan terima kasih kepada ketua DPRD Maros dan sekwan yang telah menerima kuliah lapangan para mahasiswa.
Kegiatan kuliah umum di kantor DPRD Maros, merupakan yang pertama dilakukan kampus, dan ke depan akan terus dijalin kerja sama dengan DPRD dan instansi lainnya.
”Tujuan kulian umum ini, mendekatkan civitas akademika kampus dengan DPRD yang merupakan rumah rakyat,” tandas doktor sosiologi maritim PPs-Universotas Airlangga Surabaya ini. (rls)

loading...
Comments

Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top