maccaja
Gojentakmapan

Gowa – Afsel Kembali Jalin Kerjasama

20170503_135738_resized_1
KERJASAMA- Sheikh Shahid Esau dan Adnan Purichta Ichsan berbincang serius saat pertemuan membahas kerjasama Afsel-Gowa.

GOWA, BKM — Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) kembali menjajaki hubungan kerjasama bilateral dengan pemerintah Kabupaten Gowa. Hal itu disampaikan Member of Parliament South Afrika, Sheikh Shahid Esau saat menemui Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Rabu (3/5) pukul 12.00 Wita di rujab Jalan Beringin, Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Gowa.

Penjajakan hubungan bilateral Afsel dan Pemkab Gowa di bidang pariwisata, perdagangan, investasi, dan budaya ini menurut Bupati Gowa, sangat positif. Adnan pun mengemukakan bahwa hubungan kerjasama ini bukan yang pertana kali dan tidak hanya terbatas pada hubungan bilateral semata.

Namun antara Gowa dengan Afsel sangat banyak sejarah yang cukup menguatkan hubungan kedua daerah di dua negara berbeda. Salah satu penguat hubungan benang merah antar keduanya itu adalah keberadaan Syekh Yusuf Tuanta Salamaka. Dan itu kembali dikemukakan Adnan di hadapan Member of Parliament South Afrika, Sheikh Shahid Esau.

Bupati Gowa mengatakan, untuk meningkatkan kerjasama yang tadinya putus saat pemerintahan sebelumnya, maka putra Ichsan Yasin Limpo ini kemudian akan melanjutkan kerjasama itu kembali.

“Waktu itu pemerinrah kabupaten telah menjajaki rumah kayu atau replika Balla Lompoa di area pemakaman Syekh Yusuf di Afsel tapi tanpa diketahui apa penyebabnya, rencana itu terhenti. Dan sekarang kerjasama itu dijajaki kembali agar Balla Lompoa dapat dibangun kembali di pelataran makam Syekh Yusuf yang nantinya akan dijadikan perpustakaan. Keinginan tersebut bisa ditindaklanjuti untuk mempererrat kembali antara Gowa dan Cape Town. Sehingga 10-20 tahun ke depan masyarakat kedua negara tidak lupa perjalanan dan perjuangn Syekh Yusuf di masa lampau,” beber Adnan. (bulan)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top