Selamat Ibadah Puasa
Metro

IUWASH Plus Silaturahmi ke BKM

MAKASSAR, BKM — Sanitasi atau kebersihan dan kesehatan lingkungan menjadi salah satu persoalan serius di sejumlah kota besar, termasuk Makassar. Masih banyak masyarakat yang belum terjangkau sarana air bersih yang memadai, termasuk memiliki jamban sehat sesuai kriteria. Begitu juga dengan penataan dan pengelolaan sampah.
Hasil survey ERHA tahun 2016, sebanyak 1,5 persen warga Makassar masih  buang air besar sembarangan dan sebanyak 9436 yang belum memiliki jamban sehat.
IUWASH Plus berusaha ikut berkontribusi dalam memerangi persoalan sanitasi itu. Selain gencar melakukan sosialisasi, beberapa program dilakukan. Salah satunya, seperti yang dikemukakan Advocacy and Communication Advisor IUWASH Plus, Lina Damayanti, dengan bekerjasama dengan unit pelaksana teknis Dinas Kebersihan untuk melakukan penyedotan tinja secara berkala. Program itu bernama Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2). Selain itu, lanjutnya, IUWASH Plus juga akan merangkul lembaga perkreditan untuk program kredit jamban. Masyarakat yang belum punya tinja nantinya bisa mengajukan kredit untuk membangun jamban sehat.
“Ini baru akan kami laksanakan di Makassar, ” kata Lina, saat melakukann kunjungan media ke BKM, Senin (29/5). Lina didampingi BC/Marketing Specialist IUWASH Plus Johanis Valentino, WASH Media Engangement Specialist Rezki Mulyadi serta Ketua Forum Jurnalis Sanitasi (FJS) Rubhy Sudikio.
IUWASH Plus diterima langsung Pemimpin Redaksi Harian Berita Kota Makassar, Muhammad Arsan Fitri.
Dia mengajak media bisa berperan serta dalam membantu mengurangi persoalan-persoalan sanitasi di masyarakat. (rhm)

loading...
Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top