Selamat Ibadah Puasa
Metro

Soal Tarif, Dishub Awasi Angkutan Mudik Lebaran

MAKASSAR, BKM — Dinas Perhubungan Sulsel sudah menggelar rapat dengan berbagai stakeholder terkait membicarakan soal angkutan lebaran untuk para pemudik. Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Ilyas Iskandar, ada beberapa poin penting yang mencuat pada rapat tersebut.
Salah satunya terkait tuslah atau kenaikan angkutan lebaran yang masuk batas toleransi atau yang diperbolehkan. Namun Ilyas mengemukakan, hingga saat ini, belum ada petunjuk teknis (Juknis) dari pusat terkait toleransi kenaikannya.
Namun jika merujuk tahun lalu, juknis diturunkan pemerintah sekitar H-10 sebelum lebaran. Toleransi kenaikan tahun lalu adalah sekitar lima persen.
Menurut dia, kenaikan tarif di Sulsel tak akan signifikan. Tapi, Dishub tetap mengantisipasi jika ada angkutan umum nakal yang mengambil kesempatan untuk mempermainkan harga.
Dia melanjutkan, angkutan lebaran lebih jelasnya dibahas bersama kepolisian, hari ini.
“Kita akan cek kondisinya. Dikoordinasikan kepolisian, balai, dan dishub kota untuk tentukan harinya,” kata Ilyas.
Selain itu, kata Ilyas, pada H-7 mendatang, pihaknya akan melakukan remcek untuk mengetahui kelaikan beroperasi angkutan. Jika tidak laik jalan, dengan tegas ditahan ijinnya.
Pihaknya juga sudah mulai mengantisipasi lonjakan pemudik dengan melakukan koordinasi pada pengusaha angkutan umum termasuk pihak Perum Damri.
“Kami perkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-5 lebaran, ” ungkap Ilyas. (rahma)  selengkapnya baca di cetak.

loading...
Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top