Metro

Rektor UIM Serahkan Bantuan Al Quran

MAKASSAR, BKM–Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), Dr Ir Hj Andi Majdah Sain Agus Arifin Nu’mang menyerahkan bantuan kitab suci Al Quran diterima Ketua Yayasan Masjid Nurul Jihad Jl Tupai Makassar, Drs H Siang Russeng, usai ceramah tarwih Selasa (6/6), dihadiri para pengurus masjid dan ratusan jamaah.

Rektor UIM yang juga Ketua Forum Kajian Cinta Al Quran Provinsi Sulsel, mengedepankan paparannya
‘Membumikan Al Quran.’ Terkait dengan materi itu, Andi Majdah mengatakan, bulan suci ramadan adalah bulan Al Quran yang isinya untuk mengatur kehidupan manusia di dunia dan di akhirat. Kitab suci ini diturunkan ke Baitul Izzah secara langsung. Dari Baitul Izzah itulah, Al Quran diturunkan secara berangsur kepada Rasulullah SAW pada 17 Ramadan sebagai tanggal Nuzulul Quran.

Digambarkan, ketika Al Quran turun berangsur dalam kurun lebih dari 22 tahun 2 bulan 22 hari kemudian menjadi rangkaian yang sangat cermat dan penuh makna, indah dan fasih gaya bahasanya. Terjalin antara satu ayat dengan ayat lainnya bagaikan untaian mutiara, serta ketiadaan pertentangan di dalamnya, dengan latar belakang peristiwa tertentu atau yang diistilahkan dengan asbabun nuzul, semakin menguatkan bahwa Al Quran benar-benar kalam ilahi, Dzat yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.

Karena itu, kaum muslimin harus membaca, memahaminya karena membaca berarti mencari ilmu. Diharapkan para alumni ramadan agar terus menerus belajar, melakukan pengkajian dan penelitian, baik obyek tertulis maupun yang tidak tertulis. Hal itu dilakukan dalam bentuk landasan iman dan takwa dengan tujuan mencari ridha Allah swt. Dengan kata lain, harus dilakukan atas kesadaran ketuhanan, yakni bismi Robbika.(zai) lengkapnya di cetak.

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top