Selamat Ibadah Puasa
Kriminal

Masa Penahanan Habis, Tersangka 1,6 Kg Sabu Dilepas dari Sel

PAREPARE, BKM–Muh IC (16), tersangka kasus narkoba akhirnya bisa mengirup udara segar. Dia dibebaskan polisi karena masa penahanannya habis.

IC ditangkap dipelabuhan Kota Parepare karena membawa 1,6 kilogram narkotika jenis sabu-sabu, pada tanggal 8 Mei 2017 lalu, dari Nunukan dengan menumpangi kapal KM Thalia. Polisi melepaskannya karena berkas perkaranya ditolak oleh kejaksaan karena dinyatakan belum lengkap.

Kasat Narkoba Polres Parepare, AKP Donny D membenarkan kalau tersangka dibebaskan karena sudah melewati masa tahannya sesuai ketentuan berlaku. ”Kami lepaskan karena sudah lewat masa tahanya,”tutur Donny.

Alasan Donny lepas, karena pihak kejaksaan menolak berkas perkara tersagka, sehingga tidak bisa lagi dilimpahkan untuk diproses lebih lanjut.Permintaan kejaksaan agar penyidik menetapkan tersangka lain.

Namun Donny menjelaskan bahwa tidak serta merta tersangka ditambah karena yang diberi petunjuk dalam berkas belum diperiksa. ”Akan tetapi tetap menjadi TO (Target Operasi) siapa yang memerintahkan tersangka IC membawa narkoba dari Nunukan ke Kota Parepare,” katanya.

Terpisah, Kasi Pidum kejaksaan negeri Parepare, Andi Kurnia, menegaskan, pihak kejaksaan tidak menolak berkas perkara tersangka IC. Hanya saja penyidik polisi tidak melengkapi berkasnya (P18) dan petunjuk dari kejaksaan (P19).

Andi Kurnia menimpali, pihak kejaksaan meminta pihak kepolisian untuk menjadikan tersangka lain seperti Riri napi dari Nunukan, Andang, Bombong, dan orangtua tersangka bernama Samsul, yang lebih tahu masalah narkoba ini. Tersangka IC, hanya dijadikan korban dalam peredaran ini, apa lagi dia anak di bawah umur.

“Kami minta penyidik melengkapi berkas sesuai petunjuk kami, baik P18 maupun P19. Kami tidak menolaknya hanya dikembalikan karena belum lengkap,”tuturnya. (samir)

loading...
Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top