Berita

Lapangan Mappalewa Dg Sassa, Kebanggaan Warga Sabintang

Warga membersihkan Lapangan Mappalewa Dg Sassa sehari sebelum lebaran. Idul Fitri tahun ini adalah pertama kalinya lapangan ini dilaksanakan sebagai lokasi salat Id setelah direnovasi.

TAKALAR, BKM — Sejak dahulu warga Kelurahan Sabintang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Takalar tak memiliki lapangan untuk salat Id. Pelaksanaan salat Id selalu berpindah-pindah.

Sebelumnya, warga Sabintang melaksanakan salat Id di halaman SD Inpres Bajeng. Namun setelah pembangunan ruang kelas baru di sekolah ini beberapa tahun lalu, pelaksanaan salat Id pindah di salah satu halaman warga, tidak jauh dari kantor Kelurahan Sabintang.

Lantaran lokasi salat Id yang tidak representatif, beberapa warga meminta izin kepada Hasanuddin Tisi, anak Tisi Efendi untuk menggunakan lahan kosong milik keluarga Tisi Efendi.

Tokoh masyarakat Sabintang, Faisal Amir mengatakan, sejak tahun 2014 lahan kosong tersebut akhirnya digunakan untuk salat Id.

“Alhamdulillah tahun 2017 ini, Bapak Hasanuddin Tisi merehab lahan kosong tersebut menjadi lapangan yang sangat representatif untuk pelaksanaan salat Id. Dan ini adalah pertama kali dilaksanakan salat Id setelah direnovasi,” kata anggota KPU Sulsel ini.

Faisal mengatakan, lahan kosong yang disulap menjadi lapangan tersebut kini menjadi kebanggaan warga Sabintang. Betapa tidak, menurut Faisal, Lapangan Mappalewa Dg Sassa menjadi satu-satunya di Takalar yang dimiliki oleh kelurahan untuk pelaksanaan salat Id.

“Nanti di lapangan ini juga akan dibangun lapangan futsal, bulutangkis, bola voly dan acara-acara warga,” kata Faisal.

Faisal mengatakan, nama lapangan tersebut diambil dari nama orang tua almarhum Tisi Efendi yang tidak lain kakek Hasanuddin Tisi.

Beberapa warga yang ditemui mengaku senang melihat lapangan tersebut yang kini telah dipagar dan diberi penerangan.

“Dulu kami salat Id menumpang dan pindah-pindah. Alhamdulillah sekarang kami sudah salat di lapangan yang sudah bagus seperti ini,” kata Kepala Lingkungan Bonto Baddo, Muh Ali Dg Rewa.

Harniati dan Perawati warga Kabupaten Gowa dan warga Makassar yang selalu mudik lebaran di Sabintang juga bangga dengan hadirnya Lapangan Mappalewa Dg Sassa.

“Dulu kadang kita salat di jalan, pinjam halaman sekolah, tapi sekarang tidak lagi. Terima kasih kepada keluarga besar Tisi Efendi yang sudah menyiapkan lahan dan fasilitasnya kepada warga Sabintang,” kata Pera.

Hal yang sama juga disampaikan Rudi Amir dan Zainuddin Dg Lewa. Mereka juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga Tisi Efendi karena telah membangun lapangan yang sedemikian bagus.(maf)

loading...
Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top