Nasional

Wapres JK Buka PSBM XVII 2017

 

MAKASSAR, BKM — Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XVII 2017 di Hotel Four Point by Sheraton, Sabtu, (1/7).

PSBM tahun ini dihadiri sekitar 1000 peserta itu mengangkat tema ‘Sukses di Rantau, Bangun Kampung Halaman’.

Kegiatan ini digagas Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) untuk mempersatukan dan mempererat persaudaraan antara sesama perantau tanah Bugis-Makassar dari Sabang sampai Marauke bahkan manca negara.

Ketua BPP KKSS Sattar Taba mengatakan, selama 17 tahun kegiatan ini dilaksanakan, baru kali ini pelaksanaannya tepat waktu.

Dia melanjutkan, saat ini, KKSS sudah terbentuk hampir di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

“Dari 33 provinsi yang ada, tinggal dua daerah yang belum dilantik ketuanya, Sultra dan Bangka Belitung,” kata Sattar.

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan PSBM merupakan pertemuan multi efek dan multi dimensi.

“Saya mengucapkan syukur. Pertemuan ini multi efek dan multi dimensi. Forum ini menyemangati kita menata visi kita ke depan,” tutur SYL.

Dia juga menguraikan keberhasilan perantau Bugis-Makassar adalah kemampuan memanfaatkan akal pikiran serta menerapkan filosofi kedaerahan.

“Ada kehebatan Bugis – Makassar dari dari filosofi kita, sekali layar terkembang pantang surut ke pantai. Ini menggambarkan kekuatan bahwal kita berani mengambil keputusan dan menghadapi resiko,” seru gubernur dua periode ini.

Sementara itu Yusuf Kalla mengatakan bahwa PSBM ini adalah pertemuan sinergisitas.

Dia menekankan, tidak ada negara maju tanpa pengusaha hebat, tidak ada juga negara yang maju tanpa pemerintahan yang kuat.

Menurutnya, masyarakat Sulsel adalah masyarakat maritim yang punya semangat pantang menyerah, keberanian, serta keuletan dimanapun kaki berpijak. Sehingga dia meminta agar para saudagar Bugis-Makassar terus mencari pengalaman dan terus belajar.

“Dari spirit itulah maka timbul kekuatan untuk tetap berbuat yang lebih baik,” Pungkas Jusuf Kalla

Selain pembukaan juga dilaksanakan launching Kartu KKSS dan sukses story dari beberapa saudagar. (rahma)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top