Gojentakmapan

Tak Ada DBD, Warga Mangasa Tetap Lakukan Pengasapan

PENYEMPROTAN dilakukan warga Lingkungan Mangasa bekerja sama Dinas Kesehatan Gowa untuk mengantisipasi perkembangan nyamuk penyebar DBD.

GOWA, BKM — Meski belum ada kasus demam berdarah dengue (DBD) yang terjadi, namun warga di Lingkungan RT/01 RW/06 Lingkungan Mangasa, Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa terus melakukan upaya antisipasi. Salah satunya dengan pemberantasan sarang dan media tempat berkembang biaknya jentik nyamuk aedes aegepty penyebar penyakit DBD.
Pemberantasan dalam bentuk penyemprotan yang dilakukan warga setempat bekerjasama tim Dinas Kesehatan Gowa berlangsung, Minggu (9/7) pukul 08.30 Wita.
Lurah Pandang-pandang, Andi Asruddin mengatakan, penyemprotan atau pengasapan ke rumah-rumah warga dan lingkungan sekitarnya untuk menghindari dan memberantas jentik nyamuk penyebab DBD.
Dikatakannya, pengasapan yang berlangsung selama satu jam lebih itu dilakukan bukan karena wilayah Mangasa sedang dalam serangan. “Tidak ada kejadian DBD. Tidak ada warga yang terserang demam berdarah. Namun warga memang berinisiatif melakukan pemberantasan sebagai langkah pencegahan awal. Itu sangat bagus sekali, sebab ada kesadaran warga untuk menjaga kesehatan lebih dini,” terang Asruddin.
Diapun mengimbau warga Mangasa maupun warga Pandang-pandang secara keseluruhan agar selalu waspada atas segala macam penyakit lingkungan. Salah satunya adalah DBD. “Lebih baik mencegah sekarang daripada nanti ada warga yang terserang baru bertindak. Timbun sampah-sampah kaleng bekas dan lainnya. Tutup rapat bak air dalam rumah, dan bak air terbuka agar rutin diberi bubuk abate,” sarannya. (sar)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top