Bisnis

Lazada Gelar Sesi Diskusi Interaktif Lokakarya Upgrade UKM di Makassar

MAKASSAR, BKM — Lazada, destinasi belanja online nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara, Sabtu (19/82017) menyapa para anggota komunitas seller terbaik di kota Makassar sebagai bagian dari rangkaian program roadshow #UpgradeUKM ke 11 kota di seluruh Indonesia.

Makassar adalah kota kedua setelah Bandung yang didatangi oleh tim Lazada untuk kegiatan ini.

Sejalan dengan pesan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terkait pentingnya peningkatan jumlah titik pusat perekonomian baru di Indonesia untuk merangsang tingkat ekonomi dan daya beli masyarakat, Lazada didukung oleh Bekraf, meluncurkan program roadshow #UpgradeUKM ini minggu lalu.

Bekerjasama dengan Facebook dan SiCepat, Lazada akan menyapa para wirausahawan di berbagai kota untuk berbagi ilmu dan kiat mengembangkan bisnis online.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif #KamuJugaBisa yang diluncurkan bulan Mei lalu guna menjembatani pengembangan potensi UKM lokal di Indonesia.

Dihadiri oleh ratusan wirausahawan, termasuk para pedagang dan pengusaha UKM kreatif setempat, acara seminar dan forum edukasi interaktif #UpgradeUKM di Makassar ini mengangkat beragam topik perihal tren belanja online, kiat sukses menjadi penjual online di marketplace, tips untuk mengembangkan bisnis dan mendorong pertumbuhan, dan juga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan berjualan online.

Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia dalam pembukaan acara membagikan beberapa poin penting agar UKM dapat sukses.

“Pada dasarnya, kepuasan pelanggan merupakan salah satu alat promosi paling efektif. Kita sebagai wirausahawan kreatif, tidak hanya terus menerus berinovasi dalam menghasilkan produk, menjaga kualitas produk dengan baik, namun juga terus menjaga mutu pelayanan. Pelanggan yang puas akan akan merekomendasikan produk kita ke rekan dan kerabat mereka,” ujarnya.

“Selain itu, UKM juga perlu mengembangkan bisnisnya ke ranah digital untuk menjangkau potensi konsumen yang tak terbatas. Bukti nyata komitmen kami dalam mendukung UKM adalah melalui program gratis ongkir, sehingga para penjual dan pedagang di berbagai daerah dapat semakin menjangkau pembeli dimanapun tanpa harus khawatir dengan biaya ongkos kirim. Selain itu, dalam waktu dekat, kami akan membangun gudang di Makassar sebagai bagian dari komitmen kami untuk bertumbuh bersama Indonesia,” terang Florian.

Hadir menjadi salah satu narasumber di acara workshop #UpgradeUKM adalah Hamzah. Suami dari Ibu Andi yang merupakan salah satu seller teladan dari kota Makassar.

Pasangan ini telah bergabung di Lazada sejak bulan Oktober 2014. Kurang lebih 2 tahun 10 bulan bersama-sama melayani pesanan dari seluruh Indonesia.

Pertumbuhan penjualan toko virtual kami di Lazada sangat stabil. Pada tahun pertama, omzet perbulan mencapai angka 20 jutaan.

Sedangkan pada tahun kedua, omzet perbulan mencapai 60 jutaan. Pada tahun ketiga, omzet perbulan kami mencapai 100 jutaan.

Rahasia kesuksesan usaha kami adalah jajaran produk kami yang multi-kategori. Selain itu, kami hadirkan produk unik sesuai keinginan pasar. Kami pun gencar berpromosi di ranah media sosial dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah nyaman tersedia bagi kami.

“Mengubah pola pikir kita dari berdagang konvensional menjadi digital memang tidak mudah, tetapi Lazada, sebagai marketplace ternama di Indonesia, memberikan kesempatan dan kemudahan bagi kita berjualan online di marketplace tersebut, karena mereka punya fasilitas pendampingan serta berbagai solusi untuk membantu meningkatkan angka transaksi kita. Selain itu, salah satu fasilitas yang paling dihargai oleh pelanggan saya dari Lazada adalah gratis ongkir; dengan jumlah pembelian tertentu mereka tidak perlu khawatir akan biaya onkir dan barang dapat mereka terima tanpa halangan dan tanpa hambatan, yang penting alamat kirim ditulis jelas dan lengkap. Oleh karena itulah pelanggan kini menjadi semakin yakin untuk memesan produk dari saya,” tegas Hamzah.

Pada roadshow #UpgradeUKM di Makassar, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai cara memanfaatkan marketplace online untuk mendorong potensi dagang usaha mereka serta kiat sukses dari sejumlah seller berpengalaman yang terbukti berhasil mengembangkan usahanya di situs Lazada.

Roadshow ini bertujuan untuk membantu para wirausahawan dan UKM untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi; khususnya bagi yang sebelumnya hanya berjualan secara offline, diharapkan nantinya mereka mampu menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan berdagang secara online; bagi yang semula memiliki usaha berskala kecil dapat meningkatkan kapasitas usaha menjadi menengah atau lebih besar lagi; dan tidak menutupi kemungkinan bagi yang semula usahanya hanya mencakup konsumen lokal suatu saat akan merambah pasar nasional dan global bersama Lazada. Setelah Makassar, kota selanjutnya adalah Medan. (*)

 

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top