Politik

Begini Cara Cakka Berbaur dengan Warga

BELOPA, BKM — Kesederhanaan Bupati Luwu Andi Mudzakkar (Cakka) memang tak terbantahkan. Mengalir secara alami, tanpa ada kesan dibuat-buat.

Sejak dulu sampai sekarang, Cakka yang sering dijuluki bupati merakyat, tak banyak berubah. Mulai “anti” pengawalan berlebihan, hingga kebiasaannya bergaul dengan rakyatnya seolah tanpa ada jarak.

Sisi humanis pasangan Ichsan Yasin Limpo (IYL) di Pilgub Sulsel 2018, selalu muncul. Baik kala menghadiri kegiatan pemerintahan, maupun kala berkunjung ke pedalaman, serta mendadak naik ke rumah warga.

Tak heran jika Bupati dua periode ini, sering “masuk” dapur rumah rakyatnya untuk berbincang lepas. Begitu pun ketika ada kegiatan yang melibatkan banyak orang, Cakka tak sungkan menyapa atau menghampiri langsung untuk berbincang lepas.

Gaya dan kesederhanaan Cakka juga nampak saat penulis diam-diam memperhatikannya kala bersama IYL menghadiri pesta pernikahan putri Ketua PMI Palopo, Haidir Basir, Senin (11/09/17).

Di tengah antusiasnya tamu undangan meminta berfoto bersama, baik IYL dan Cakka melayani penuh semangat. Bahkan tak sedikit memanfaatkan momen tersebut, menggilir keduanya berfoto berdua.

Di momen inilah, Cakka menunjukkan “karakter” aslinya. Pasalnya, ia tiba-tiba mengambil kamera ponsel tamu yang meminta tolong di ambil gambarnya bersama Punggawa.

“Sini saya foto ki. Ke sana maki sama Punggawa (IYL),” kata Cakka yang menjadi fotografer dadakan.

Gaya Cakka tersebut, nampaknya menyita perhatian tamu lainnya. Jadilah, Cakka jadi objek foto kala memotret Punggawa bersama tamu yang melakukan Salam Punggawa.

Selain di pesta pernikahan, Cakka lagi-lagi memperlihatkan kesederhanaanya. Kali ini saat meninjau progress persiapan HUT PMI ke 72 di Lapangan Sepakbola, Kecamatan Bua, Luwu, Selasa (12/09/17).

Di lapangan, Cakka melayani permintaan warga untuk berfoto bersama. Hanya saja, posisi Cakka sedang duduk bersila di atas lapangan tanpa ada alas pelapis.

Bukan cuma itu, Cakka juga terlihat sedang mengangkat gelas kopi khas Luwu seolah ingin memberikan ke salah satu remaja. Di sampingnya, beberapa warga dan pegawai melakukan Salam Punggawa, yang filosofinya menebar energi positif.

Kesederhanaan Ketua PMI Luwu ini, juga diakui warga. Selain tak ada kesan dibuat-buat, memang sebelum menjabat, Cakka sangat suka bergaul dengan warga.

“Opu (Cakka), dari dulu gayanya memang begitu. Bukan baru sekarang. Itu yang membuat kami suka kepribadiaan Opu. Kami merasa dekat dengan pemimpin kami,” tutur warga Bua, Hanafi (53). (rif)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top