Sulselbar

RMS Turun Langsung Atasi Sengketa Pilkades Allakuang

SIDRAP, BKM — Bupati Sidrap Rusdi Masse (RMS) turun langsung mentasai sengketa pemilihan Kepala Desa Allakuang, Selasa malam (12/9/2017).

Orang nomor satu di Sidrap itu turun menangani permasalahan terkait Daftar Pemilih Tambahan (DPT) dan pengunduran diri panitia pemilihan.

Pertemuan itu dilaksanakan di Kantor Desa Allakuang, Kecamatan Maritengngae, Sidrap, sekitar Pukul 20.30 Wita.

Pertemuan yang berlangsung satu jam lebih itu, Bupati Sidrap, H Rusdi Masse menginstruksikan bahwa, sesuai kesepakatan ketiga calon kepala desa Allakuang  sebelumnya untuk dilakukan revisi DPT tambahan oleh panitia sesuai kesepakatan, yang dikuatkan dengan berita acara yang ditandatangani oleh ketiga calon kades dan tim pemenangannya yang disaksikan oleh para panitia pilkades, BPD desa Allakuang, tokoh masyarakat dan camat Maritengngae.

Bupati Sidrap dua periode ini juga meminta Ketua Panitia, H Jamaluddin bersama anggota panitia pilkades Allakuang lainnya untuk tidak mengundurkan diri dan tetap melaksanakan tugasnya dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa Allakuang.

Bahkan Rusdi Masse menginstruksikan akan mengeluarkan surat edaran terkait revisi DPT tambahan bagi desa yang melaksanakan, yang akan dikeluarkan pada hari Rabu besok, sehingga desa yang memiliki permasalahan DPT dapat terselesaikan.

“Panita jangan mundur, silahkan lanjutkan tugasnya,” imbuh RMS.

Pilkades Allakuang sempat terjadi ketegangan antara kedua kubu Cakades di Kantor Desa Allakuang.

Kisruh ini bermula antara calon kepala Desa Allakuang nomor urut 2 Usman Rapi (Incumbent) dengan tim sukses pemenangan calon kepala desa Allakuang nomor urut 3  H. Jama dan H. Faisal, yang dipicu karena adanya warga desa Allakuang yang melakukan protes kepada panitia penyelenggara pemilihan kepala desa Allakuang.

Warga protes terkait tidak terdaftarnya sebagai pemilih dalam DPT, sehingga pihak panitia dalam hal ini akan mengkoordinasikan dengan pihak Pemdes.

Terkait dengan hal tersebut pihak tim pemenangan Cakades nomor urut 3 Zainuddin hendak ikut ke Pemdes menemani panitia pilkades berkoordinasi.

Namun Cakades nomor urut 2 Usman Rapi melarang tim sukses untuk ikut ke Pemdes sehingga kedua belah pihak saling emosi dan terjadi adu argumen.

Kemudian Usman Rapi, S.Sos meninggalkan kantor desa Allakuang dengan maksud memanggil pihak keluarganya, dan tim pemenangan nomor urut 3 yang dipimpin oleh H. Jama dan H. Faisal masih bertahan di depan kantor Desa Allakuang.

Permasalahan tersebut bisa diredam dan dilakukan penggalangan oleh pihak keamanan.

Pertemuan itu turut difasilitasi Kadis PMD dan PPA Sidrap Andi Patahangi Nurdin,  Camat Maritengngae Arlin Ariesta, Aipda Sigit Permana, SH (Kanit Intel Polsek Maritengngae) dan Serka Edy (Anggota Koramil Maritengngae/yang mewakili Danramil 1420-03) serta Ketua BPD desa Allakuang Syamsuddin dan Ketua panitia pemilihan Kepala Desa Allakuang H. Jamaluddin.

Rencananya, pilkades Allakuang akan digelar Kamis 14 September 2017 bersamaan 16 Desa lainnya yang menggelar pilkades serentak.  (Ady)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top