Berita

Di Surabaya, Rombongan LPM Biringkanaya Paparkan Program Sombere dan Smart City

Rombongan LPM dan Lurah kecamatan Biringkanaya saat berkunjung ke kantor kecamatan Tambaksari, Surabaya, pagi tadi.

SURABAYA, BKM — Rombongan studi banding Lurah dan LPM kecamatan Biringkanaya, Makassar tiba di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jumat (29/9/2017) Pukul 08.30 Wita.

Tiba di bandara Juanda, rombongan studi banding yang dipimpin Sekcam Biringkanaya, Mahyuddin M, S.STP MSi langsung berkunjung ke kantor kecamatan Tambaksari, Surabaya.

Mereka disambut dan diterima oleh Sekcam Tambaksari, Maria Agustin Yuristina dan sejumlah staf kecamatan Tambaksari.

“Selamat datang rombongan Biringkanaya. Selamat datang di Tambaksari,” ucap Sekcam Maria.

Didepan rombongan LPM Biringkanaya, Maria memaparkan biografi dan kondisi wilayah termasuk program, dan tupoksi kelembagaan LPM kecamatan Tambaksari.

Sementara Sekcam Biringkanaya, Mahyuddin memaparkan beberapa program unggulan Pemkot Makassar utamanya kecamatan Biringkanaya salah satunya adalah program Sombere dan Smart City.

Sebelumnya Mahyuddin memperkenalkan satu per satu Lurah dan LPM Biringkanaya yang ikut dalam kegiatan tersebut.

“Kami ke Surabaya, dan berkunjung ke Tambaksari ini untuk melakukan studi banding pelayanan dan program LPM,” kata Mahyuddin.

“Kami yang datang ini adalah para ketua-ketua LPM se kecamatan Biringkanya, dan lurah,” ucap Mahyuddin.

Di Kota Makassar, lanjut Mahyuddin, ada beberapa program unggulan yang diterapkan dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat. Salah satunya adalah Sombere dan Smart City.

Dalam paparannya, Ia menjelaskan tentang konsep Sombere and Smart City dan pentingnya Big Data dalam suatu tatanan pemerintahan untuk menjadi dasar membuat kebijakan atau aturan yang tepat.

“Pentingya suatu akurasi dan big data misalnya dalam pendataan penduduk yang dilakukan oleh BPS yang periodikal 5 tahun sekali namun dengan realtime data kependudukan yang terkontrol di War Room, Makassar dapat melihat data penduduk secara live dan dapat membuat suatu kebijakan strategis dan begitupun dengan data real time lainnya misal; permit license dan monitoring 112,” ujarnya.

“Nah di kecamatan kami, di Biringkanaya, kita sudah menerapkan program tersebut secara bertahap,” cetusnya. (drw)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top