Gojentakmapan

Wabup Gowa Minta Penggunaan Anggaran yang Efektif dan Akuntabel

Para peserta serius mengikuti workshop SIMDA keuangan berbasis akrual yang digelar BPKD Gowa.

GOWA, BKM — Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni menegaskan agar penggunaan anggaran daerah harus dilaksanakan secara sehat, efisien, efektif, transparan, akuntabel dan auditabel yang ditunjang oleh fungsi pengawasan baik dari unsur internal maupun secara umum dari unsur legislatif.

Hal itu ditegaskan Wabup Gowa saat membuka workshop Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan Berbasis Akrual tingkat Kabupaten Gowa, Senin (9/10/2017) di Hotel Remcy Makassar.

Dalam workshop yang akan berlangsung lima hari ke depan ini menurut Rauf, manajemen keuangan berbasis akrual merupakan salah satu ciri dari praktik manajemen keuangan modern (Sektor publik) yang bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih transparan mengenai biaya, pemerintah dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang diperluas.

“Artinya, tidak sekadar basis kas saja,” kata Wabup dihadapan 162 peserta workshop yang berasal dari perwakilan sejumlah SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Karena itu, kata Rauf, pemerintah daerah dituntut untuk mengelola pemerintahannya secara lebih baik dengan menyajikan strategis penataan manajemen keuangan yang dalam penggunaan anggarannya harus sesuai aturan.

Sementara itu, Kepala BPKD Gowa, Abd Karim Dania mengatakan, maksud dan tujuan diadakannya workshop SIMDA ini adalah upaya untuk menyamakan persepsi kita dalam penatausahaan keuangan daerah terhadap pemberlakuan peraturan perundang-undangan dibidang pengelolaan keuangan.

“Workshop ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya aparatur baik pejabat pengelola keuangan, penyusun laporan keuangan, pengurus barang serta bendahara pengeluaran,” kata Karim Dania. (sar)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top