Gojentakmapan

Priska Imbau Perempuan Lakukan Deteksi Dini Kanker

Suasana peringatan hari kanker se dunia dan penerimaan tim penilai lomba Puskesmas Peduli Kesorga di Puskesmas Somba Opu, Kabupaten Gowa.

GOWA, BKM — Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menyerukan agar kaum perempuan melakukan deteksi dini kanker, khususnya kanker serviks serta kanker payudara.

Hal ini perlu, kata Priska agar perempuan dapat terus menerus menjaga dan melindungi diri dari bahaya kanker yang bisa berujung kematian.

Hal itu ditekankan Priska saat memberikan sambutan dalam rangkaian peringatan hari kanker se dunia sekaligus penilaian lomba Puskesmas Peduli Kesorga serta pelaksanaan Iva Test yang digelar di Puskesmas Somba Opu, Kabupaten Gowa, Selasa (10/9/2017).

Bahaya kanker khususnya yang menyerang payudara dan mulut rahim menurut Priska harus dilawan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah rutin menjaga kesehatan dan rutin berolahraga.

“Ibu-ibu atau kaum perempuan di Gowa sangat dianjurkan untuk melakukan deteksi dini terhadap kesehatan vitalnya. Selain itu biasakanlah untuk berolahraga yang teratur,” kata Priska.

Dikatakan Priska, Iva Test adalah salah satu cara deteksi dini adanya kanker serviks.

“Jadi ibu-ibu maupun kalangan wanita dianjurkan untuk mendeteksi dini terhadap kanker serviks dan lainnya. Dan kita dianjur untuk selalu merutinkan olahraga karena sangat menunjang kesehatan diri dan mempererat silaturahmi dan kebersamaan masyarakat,” kata istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Di tempat yang sama, Kadis Kesehatan Gowa, dr H Hasanuddin mengatakan untuk kesehatan olahraga di Kabupaten Gowa telah dimulai sejak tahun 2012.

Kegiatan ini pun sarat dengan berbagai tagline di kecamatan-kecamatan yang ada di Gowa antara lain taglina Tali Kesorga (Kecamatan Bontomarannu), Taman Kesorga (Tinggimoncong), Lorong Kesorga (Somba Opu) dan lainnya.

“Kita berharap Kabupaten Gowa bisa menjadi juara dalam lomba Puskesmas Peduli Kesorga ini,” ucap kadis dihadapan tim penilai lomba Puskemas Peduli Kesorga yang diketuai dr Ampera Matipanna yang juga adalah Kepala Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Sulsel.

Sebelum melakukan penilaian, dr Ampera memberikan sejumlah arahan tentang fungsi dan manfaat olahraga khususnya program BKOM bertajuk Kesorga (kesehatan olahraga) yang telah dimasyarakatkan di seluruh kabupaten/kota se Sulsel.

Kegiatan ini dihadiri Camat Somba Opu, Subair dan Muspika Somba Opu, Kepala Puskesmas Somba Opu serta seluruh ketua-ketua PKK tingkat kecamatan dan ketua-ketua PKK kelurahan se Kecamatan Somba Opu. (sar)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top