Metro

TPA Bintang Lima Terkenda Lahan, Manai Sofyan: Saya Takut Bayarkan Tanah Bermasalah

Manai Sofyan

MAKASSAR, BKM — Proyek TPA Bintang Lima yang terletak di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala, Makassar terancam molor. Itu karena terkendala lahan.

Pemkot Makassar dalam hal ini Dinas Pertanahan enggan membebaskan lokasi atau lahan warga (lanjutan) yang terkena imbas proyek tersebut, karena bermasalah.

“Kita tidak bisa bebaskan lahan warga yang terkena imbas proyek TPA Bintang Lima. Karena semua lahan disitu bermasalah,” kata Kadis Pertanahan, Manai Sofyan.

“Kita sudah survei, dan melakukan fervikasi di lapangan. Kita juga sudah sosialisasi dan rapat bersama camat lurah, serta pemilk lahan. Tapi semua lahannya bermasalah, tidak bisa dibayarkan,” ujarnya.

Menurut Manai Sofyan, rencana pembebasan lahan TPA Bintang Lima ini merupakan lanjutan atau tahap ke dua. Dimana tahun 2016 lalu, Pemkot telah membebaskan sebagian lokasi untuk proyek TPA tersebut.

“Kita ini hanya melanjutkan, sebelumnya sudah ada beberapa hektar yang sudah dibebaskan 2016 lalu,” cetusnya.

Tahun ini lanjut dia, Pemkot menyiapkan anggaran Rp10 miliar untuk pembebasan lahan TPA Bintang Lima. Hanya saja, anggaran tersebut akan dikembalikan (Silva), karena semua lahan tersebut bermasalah dan tidak mungkin kita bebaskan.

“Anggarannya sudah siap Rp10 miliar. Tapi kita takut bayarkan, karena semua lokasinya bermasalah,” tandasnya. (drw)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top