Sulselbar

Wow…Jaksa Temukan Rp80 M Proyek Sisipan di Pengelolaan Dana Aspirasi Sulbar

 

MAKASSAR, BKM — Kepala Kejaksaan Tinggi Sulselbar, Jan Samuel Maringka, memastikan telah melakukan pemanggilan, terhadap empat tersangka kasus dugaan korupsi, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Provinsi Sulbar tahun 2016 sebesar Rp360 miliar.

Dalam kasus ini, empat unsur pimpinan DPRD telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah Ketua DPRD Sulbar, Andi Mappangara (AM), Wakil Ketua DPRD Sulbar Munandar Wijaya (MW), Wakil Ketua DPRD Sulbar Hamzah Hapati Hasan (HHH), dan Wakil Ketua DPRD Sulbar H Harun (HH).

“Hari ini semua sudah dipanggil,” kata Jan Samuel Maringka, saat ditemui di Kantor Kejati Sulselbar, Rabu (11/10). “Jadi dalam kasus ini, kita sudah menangani empat perkara. Dari masing-masing tersangka,” sebutnya. “Nah coba dilihat, anggarannya cuma satu. Tapi jadi empat perkara,” kilahnya.

Jan mengungkapkan, saat ini tim kini tengah memfokuskan keterlibatan empat orang tersangka dalam penggunaan anggaran sebesar Rp80 miliar, yang ada di tiga SKPD Pemprov Sulbar. Tiga SKPD yang dimaksud adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Pendidikan dan di Sekretariat Dewan (Sekwan) Provinsi Sulbar. “Kalau nanti misalnya akan berkembang. Apalagi ini anggarannya Rp360 miliar, untuk 16 SKPD,” katanya.

Jan tidak menampik dari anggaran Rp80 miliar, ada banyak proyek yang disisipkan di tiga SKPD tarsebut. “Ada keanehan yang kita lihat. Dari anggaran Rp4 miliar yang diterima justru proyeknya malah dipecah-pecah. Jadi harus dilihat satu persatu,” tandasnya.

Jan menambahkan pihaknya juga akan melakukan, upaya pencekalan terhadap empat tersangka, agar tidak berangkat ke luar negeri. “Dalam dua hari ini, kita akan mengajukan surat permohonan ke Kejaksaan Agung untuk di teruskan ke imigrasi,” bebernya.(mat)

 

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top