Kriminal

Anggota BIN Gadungan Ditangkap

Dua tersangka penipuan online atau zobis yang juga mengaku anggota Badan Intelejen Negara (BIN) di amankan di Mapolres Sidrap.

 

SIDRAP, BKM — Dua tersangka penipuan online atau zobis yang juga mengaku anggota Badan Intelejen Negara (BIN) ditangkap Polsek Dua Pitue, Kabupaten Sidrap, Kamis, (2/11) sekira pukul 04.00 wita.

Pengungkapan kasus penipuan online dengan modus penerimaan masuk anggota BIN terjadi diduga lokasi yakni di Dusun Bottolita, Desa Bulucenrana, Kecamatan Pitu Riawa, dan di Jalan Poros Pare, Kelurahan Salomallori, Kecamatan Dua Pitue.

Tersangkanya adalah lelaki Zain (25) pekerjaan mahasiswa yang beralamat di Bottolita, Desa Bulucenrana, Kecamatan Pitu Riawa, Sidrap. Kemudian lelaki Nasrullah alias Lanas (21) petani, warga Jalan Poros Pare Kelurahan Salomallori, Kecanatan Dua Pitue Sidrap.

Hal itu dibenarkan Kapolsek Dua Pitue Iptu Ramli Kamran. Ia mengatakan, pengungkapan kasus tersebut dipimpin langsung Ka Sub Dit Monitoring BIN bersama anggota BIN yangdiback up oleh anggota Polsek Dua Pitue dan Tim Buser Polres Sidrap, serta Satuan Intelkam Polresta Pare Pare.

Untuk mengelabui korbannya, lanjut Iptu Ramli, pelaku sobis itu mengaku anggota BIN berinisial Kolonel IM. “Dalam menjalankan aksinya, pelaku ini menghubungi korban dengan mengaku anggota BIN. Modusnya penerimaan anggota BIN baru,” ucapnya.

Setelah diiming-iming, para calon korban diminta untuk metransfer sejumlah uang untuk diluluskan sebagai anggota BIN, setelah para korban mengirim sejumlah uang pelaku tersbut ke ATM mengambil uang hasil penipuannya. “Pelaku kini diamankan di Mapolres Sidrap guna pengembangan lebih lanjut,” tandasnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan pelaku yakni 1 buah HP android VIVO, HP Sony experia, 2 buah HP Nokia, ATM BNI, ATM BRI, 1 buah buku tabungan BRI Simpedes BRI. Selain itu, ada KTP, SIM C, Kartu Mahasiswa, serta uanng sebesar Rp7.586.000 yang diduga hasil penipuan.

Dihadapan petugas, Zainal mengaku telah melakukan penipuan tersebut bersama rekannya Anas. Anas bin Lamasse itu bertugas sebagai penarik uang hasil penipuan pada mesin ATM.

Terpisah, Kapolres Sidrap, AKBP Witarsa Aji mengaku, penipuan online atau yang dikenal dengan sobis itu memang banyak modusnya. (ady)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top