Metro

Bersama Pemuda Luwu, Danny Resmikan Jalan Andi Djemma

MAKASSAR, BKM — Bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Makassar yang ke- 410, Kamis 9 November 2017, Pemerintah Kota Makassar yang diwakili oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto melakukan penggantian beberapa nama jalan.

Ada dua jalan yang diganti yakni Jalan Kakatua menjadi Jala Pajonga Daeng Ngalle dan Jalan Landak Baru menjadi Jalan Andi Djemma. Peresmian tersebut ditandai dengan pemancangan tiang papan nama jalan.

Andi Djemma yang lahir di Palopo, Sulawesi Selatan, 15 Januari1901 – meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan, 23 Februari 1965 pada umur 64 tahun) adalah Raja (Datu) Luwu seorang tokoh Indonesia dan dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Republik Indonesia tanggal 8 November 2002.

“Adalah suatu penghargaan yang bisa dilakukan oleh peninggalannya yakni mengenang namanya di suatu jalan yang setiap hari masyarakat berlalu-lalang,” ucap Danny.

Masuknya nama Andi Djemma sebagai salah satu nama jalan di ibu kota Provinsi Sulsel ini adalah usulan dari mahasiswa IPMIL Raya.

“Anak-anak mahasiswa ini setiap hari tak kenal waktu selalu memperjuangkan nama ini. Dan memang wajar kita mengapresiasi hal itu,” ujarnya.

Selain itu, Danny memang merasa begitu banyak nama jalanan yang tidak mendidik serta tidak memiliki nilai historis. Ia mencontohkan alamat Rujab Wali Kota yang beralamat di Jl. Penghibur itu.  (*)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top