Gojentakmapan

Muchlis Optimis Target 100-0-100 Tercapai Lebih Awal

Sekda Kabupaten Gowa, Muchlis meninjau perkembangan penataan lingkungan Kotaku di Kelurahan Pandang-pandang.

GOWA, BKM — Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis mengaku optimistis target 100-0-100 tidak usah menunggu kelar pada tahun 2019 seperti target awal.

Tapi Muchlis yakin target bersih pemukiman dari kekumuhan bisa dicapai lebih awal yakni tahun 2018 sebelum target nasional.

Hal itu dikatakan Muchlis sesaat memantau perkembangan program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) di Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Kamis (9/11/2017).

Muchlis mengatakan, program Kotaku merupakan program dari pusat yang telah dijalankan bersinergi bersama Pemkab Gowa sejak dua tahun lalu.

Mantan Kepala Bappeda Gowa ini mengakui, ada beberapa titik di kelurahan yang warganya sudah memiliki inisiatif sendiri untuk menata pemukimannya itu, sudah sangat bersinergi.

“Untuk menuntaskan yang namanya kota tanpa kumuh dengan target 100-0-100 dimana 100 persen harus akses tersedia air bersih, 0 persen kekumuhan dan 100 persen sanitasi lingkungan yang lebih memadai,” tambah Muchlis.

Dia pun berandai-andai, jika kegiatan tersebut bisa dimassifkan di setiap lingkungan pemukiman, maka target 100-0-100 itu bisa dimajukan di Kabupaten Gowa.

“Bahkan saya yakin pencapaiannya bisa lebih awal dari target nasional. Target nasional itu di tahun 2019, tapi  jika terus secara massif dilakukan, saya kira tidak perlu menunggu 2019, namun di pertengahan 2018 pun sudah bisa tercapai,” tambahnya.

Dibeberkan Sekkab Gowa, Kelurahan Pandang-pandang merupakan kelurahan yang lompatan trendnya sangat tinggi, ketimbang kelurahan lain yang ada di Kecamatan Somba Opu.

Dengan adanya program Kotaku ini secara umum dilakukan di 14 kelurahan yang ada di Kecamatan Somba Opu, maka telah  menjadi komitmen tinggi bupati dan wakil bupati Gowa yang berkomitmen akan melakukan replikasi terhadap Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP).

“Jadi pola pemberdayaan komunitas yang diterapkan PNPM itu dijadikan prototipe untuk ditindaklanjuti dan dikembangkan lebih baik lagi. Alhamdulillah dengan dukungan pendanaan dari APBD yang tidak seberapa besar, ternyata mampu menghasilkan yang seperti ini,” tandas Sekkab Muchlis seraya mengacunkan jempol salut atas kerja masyarakat menata lingkungan yang indah menawan.

Dikatakannya, kelurahan Pandang-pandang pernah dikunjungi tim dari Kementerian PUPR pada dua pekan lalu.

“Pihak PUPR mengapresiasi positif teehadap Pandang-pandang sebagai salah satu kelurahan dengan Program Kotaku yang paling baik,” tandasnya. (sar)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top