Sulselbar

P3A Soppeng Gelar Ritual Mappadendang

Masyarakat Antusias mengikuti acara ritual di Bendungan Lajaroko

 

SOPPENG, BKM—Sebagai rentuk rasa syukur kepada Allah SWT, Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Kecamatan Marioriawa menggelar ritual Mappadengdang dan menyembelih kerbau di Bendungan Lajaroko Kelurahan Manorangsalo Salo Kecamatan Marioriawa, Senin (13/11). Syukuran ini merupakan ritual adat yang rutin dilakukan turung temurun oleh petani.

”Ritual ini gelar semasa Datu Mario. Jauh sebelum Indonesia Merdeka,” ungkap Lakalu, salah seorang petani.

Latere, anggota P3A Marioriawa menjelaskan, ritual syukuran ini dilaksanakan tiga tahun sekali.
Sebelumnya, petani naik ke bendungan dan menggelar Mappadengdang di rumah sesepuh kampung selama tiga malam berturut-turut. Kemudian membawa kerbau ke bendungan untuk disembelih kemudian kepala kerbau tersebut di cebur ke dalam air yang dalam. Camat Marioriawa, Abdul Chair sangat mengapreseasi apa yang dilakukan oleh P3A Marioriawa.

“Sekecil apapun nikmat yang diberikan Allah SWT, kita harus syukuri karena jika tidak kita syukuri maka kita akan menjadi orang yang kufur nikmat,” ungkap Abdul Chair. (sartono)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top