Gojentakmapan

Job Fair, Cara Pemkab Gowa Atasi Pengangguran

Suasana pembukaan job fair 2017 di Istana Tamalate Sungguminasa.

 

GOWA, BKM — Berdasarkan data BPS Gowa tahun 2015, angkatan kerja di Kabupaten Gowa mencapai 299.648 orang sedang yang bekerja sebanyak 284.778 (95,04 persen). Dari jumlah ini tercatat jumlah pengangguran terbuka 14.870 (4,95 persen). Sementara yang bukan angkatan kerja mencapai 214.101 orang dan jumlah usia kerja sebanyak 513.749 orang. Khusus pencari kerja yang telah memegang kartu kuning hingga tahun 2017 ini sebanyak 2.700 orang.

Data-data ini disebutkan Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa, Syafruddin Ardan di sela pembukaan job fair 2017 di Istana Tamalate, Selasa (14/11) pukul 10.00 Wita. Menurut Syafruddin bertolak dari inilah sehingga pihaknya menggelar job fair atau bursa kerja.

“Tujuan job fair ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan memberikan kesempatan kepada para perusahaan untuk promosi perusahaannya sekaligus merekrut langsung tenaga kerja yang diinginkan. Dan para pencari kerja diberi kesempatan untuk mendaftarkan dirinya pada perusahaan yang diminatinya,” jelas Syafruddin.

Job fair 2017 yang digelar terbuka di Istana Tamalate kompleks Museum Istana Balla Lompoa, Sungguminasa diikuti sebanyak 47 perusahaan baik dari Gowa maupun Makassar antara lain perusahaan lembaga-lembaga perbankan, perkreditan, perusahaan ritel, ekspedisi, property dan perkantoran, pabrik makanan minuman dan lainnya. Jon fair ini buka selama tiga hari dan melayani pencari kerja mulai pulul 08.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita setiap hari.

Pembukaan job fair ini dihadiri Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni serta unsur Muspida Gowa dan para pimpinan perusahaan peserta job fair.

Saat membuka resmi job fair tersebut, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap bursa kerja ini dapat menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Gowa. “Saat ini jumlah penduduk Gowa sebanyak 750 ribu lebih jiwa dan setiap tahunnya pertumbuhan penduduk hampir mencapai 2 persen atau sebesar 1,85 persen. Makanya kalau pertumbuhan ini tidak diatasi maka jumlah penggangguran makin bertambah,” jelas Adnan.

Tingginya pengangguran ini kata Adnan, disebabkan kesempatan kerja sangat minim. Kesempatan atau peluang kerja itu tidak berbanding dengan jumlah pencari kerja. “Job fair ini adalah bursa kerja yang diselenggarakan Pemkab Gowa yang bertujuan untuk mengurangi jumlah pengangguran di Gowa. Dan dalam rangka puncak Hari Jadi Gowa ke 697 tahun ini, kita sebisa mungkin melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan salah satunya itu adalah job fair ini. Memang pengangguran itu adalah tanggungjawab kita bersama karena itu Pemkab melakukan job fair ini,” tandas Adnan. (sar)

 

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top