Gojentakmapan

Ini Nomor Kontak Emergency Damkar Gowa

GOWA, BKM — Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Dinas Damkar Gowa, Mustamin Raga mengatakan, tim Damkar bukan hanya bertugas pokok menangani kebakaran tapi juga memiliki fungsi lain yakni penyelamatan korban dalam berbagai musibah.

Antara lain korban musibah bencana alam, korban orang terjebak, korban karena binatang buas dan penyelamatan lainnya. Salah satu fungsi penyelamatan yakni korban terjebak dan korban binatang atau serangga telah dilakukannya seperti kemarin menyelamatkan korban tersengat listrik dan korban tersengat tawon di Pallangga.

“Jadi kalau ada orang yang mau diselamatkan, bisa menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran juga, jangan hanya fokus pada peristiwa kebakaran. Fungsi lain dari pelayanan kami yang inilah yang belum banyak diketahui oleh orang. bahkan jajaran Kepolisian juga belum tahu,” jelas Mustamin, Jumat (1/12).

Mustamin pun memberikan layanan kepada masyarakat untuk menghubungi Emergency Call ke nomor 0411-861036 satu kali 24 jam setiap hari.

“Emergency Call kami ada, silakan hubungi jika warga butuh bantuan pemadam kebakaran atau bantuan korban lainnya,” kata Mustamin.

Dikatakannya, untuk layanan penyelamatan korban, Dinas Damkar Gowa mempercayakan sepenuhnya kepaxa tim penyelamatan korban yakni Kasi Penyelamatan Korban pada Dinas Damkar Gowa, Orbawijaya.

Terkait fungsi penyelamatan ini, Mustamin menjelaskan pada lembaga Dinas Damkar ada Panca Dharma Pemadam Kebakaran yang ditanamkan para anggota tim Damkar
yakni Pencegahan, Penanggulangan, Penyelamatan, Pemberdayaan Masyarakat dan Penanganan Bahan Beracun dan Berbahaya. (sar)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top