Sulselbar

Anggota TKBM Garongkong Mogok Kerja

Anggota TKBM saat melakukan aksi unjuk rasa dan mogok kerja di Pelabuhan Garongkong, Senin (4/12)

BARRU, BKM–Puluhan anggota Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Barru berunjuk rasa di depan Pelabuhan Garongkong, Barru, Senin (4/12). Selain berunjuk rasa, anggota TKBM juga melakukan mogok kerja dalam rangka mogok kerja nasional yang digelar serentak di seluruh pelabuhan di Indonesia.

Pengunjuk rasa yang dipimpin Ketua TKBM Barru Abdullah Sappe dalam orasinya menyampaikan dua tuntutan yakni, menolak rencana revisi SKB 2 Dirjen 1 Deputi tentang pengelolaan TKBM pelabuhan serta revisi KM 35 tahun 2007.

Bukan hanya itu pihak TKBM juga meminta agar Koperasi TKBM tetap dipertahankan karena lembaga ini merupakan satu-satunya wadah buruh TKBM di pelabuhan.

Abdullah Sappe juga berharap , Koperasi TKBM memberikan ruang luas untuk tetap bekerja dan meningkatkan kesejahteraan pekerja secara memadai.

“Apabila SKB Dirjen direvisi kemudian disahkan, maka kami optimis separuh dari jumlah keseluruhan pekerja lokal tidak lagi dipekerjakan. Sebab semua akan diatur dan bisa dikuasai oleh perusahaan swasta atau pengusaha yang masuk bergabung,” kata Abdullah. Harapan lain juga dilontarkan Abdullah bersama anggotanya, agar Koperasi TKBM tetap dipertahankan untuk dijadikan sebagai satu-satunya wadah buruh di pelabuhan.

Sementara itu, Kepala Pelabuhan Garongkong, Ali Imron yang menerima pernyataan sikap dari anggota Koperasi TKBM Barru, menyatakan

“Aspirasi pihak TKBM akan kami teruskan ke pusat agar bisa dipertimbangkan kembali sebelum diputuskan,” Ucap Ali Imron, yang menerima surat pernyataan sikap yang dibacakan pengunjuk rasa dari anggota TKBM.
(udi)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top