Metro

1.000 Eksemplar Buku Iwan Tompo Diluncurkan

MAKASSAR, BKM– Di penghujung tahun 2017, kisah dari Iwan Tompo yang dituliskan di dalam buku berjudul Iwan Tompo Maestro Lagu Makassar diluncurkan di Baruga Anging Mammiri, Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Makassar, Sabtu (23/12).

Buku setebal 208 halaman itu menggambarkan tentang masa kecil Iwan Tompo yang pernah berjualan Jalangkote, mengisahkan dibalik proses penciptaan lagu-lagunya, dan keprihatinan sang maestro terhadap perkembangan lagu Makassar dituang dalam buku yang ditulis Wandi Daeng Kulle bersama editor Rusdin Tompo.

Menurut Wandi, buku Iwan Tompo yang dituli untuk memberikan pesan moral dan isnpiratif bagi pembaca. Di mana Iwan Tompo yang bersusah payah dengan usahanya bagaimana mengangkat lagu-lagu Makassar menjadi tuan rumah di kampung halaman sendiri.

Tidak hanya itu saja, buku yang dibuat selama 3 tahun menggambarkan karakter Iwan Tompo yang keras, tegas dan memegang teguh prinsip orang Makassar didalam mendidik keluarga khususnya anak-anaknya. Termasuk Iwan Tompo yang mengharapkan anak-anaknya bisa ikut jejaknya sebagai penyanyi.

“Namun beliau juga kuat menerima ketika anaknya memilih bidang pekerjaan lain atau tidak tertarik sebagai penyanyi. Beliau tidak memaksakan anak-anaknya. Prinsip beliau itu, tidak mungkin menunggu orang lain mempopulerkan lagu kita. Kita yang harus mempopulerkan dan perkenalkan lagu-lagu daerah kita,” sebutnya. (arif al qadri)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top