Gojentakmapan

Media Harus Tetap Kritis, Skeptis dan Analitis

Suasana Media Relation 2018 Humas Gowa menghadirkan Sekkab Gowa, Muchlis dan Asisten Bid Pemerintahan, Marsuki dipandu Kabag Humas Kerjasama, Abdullah Sirajuddin.

 

GOWA, BKM–Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, Muchlis menegaskan media memiliki peran penting dalam pemberdayaan data dan informasi terlebih dalam mentransfer data dan informasi ke masyarakat khususnya tentang capaian program kerja Pemkab Gowa.

Capaian kinerja Pemkab Gowa itu, kata Muchlis, tidak akan berlaku efektif apabila tidak tersosialisasi dan terpublikasi dengan baik.

“Tidak akan efektif segala apa yang dilakukan oleh pemerintah tanpa membutuhkan transfer informasi kepada masyarakat. Dan yang berperan mentransfer informasi itu keluar adalah media massa baik itu media cetak maupun elektronik,” kata Muchlis.

Karena itu, Muchlis menyebutkan, bahwa di era data dan informasi saat ini, media diharapkan dapat menyampaikan informasi yang sehat kepada masyarakat. “Jangan menyebarkan informasi yang menyesatkan bagi masyarakat. Informasi yang sehat adalah informasi yang tidak bermakna bias dan tetap mengedepankan kritis (reflektif dan kritik), skeptis (jeli melihat kondisi) dan analitis (mampu menganalisa kondisi),” kata Muchlis.

Muchlis mengatakan, data dan informasi telah masuk dalam kebutuhan dasar manusia saat ini. Bahkan, salah satu pemicu inflasi di Sulsel itu adalah kebutuhan data dan pulsa.

” Supaya bisa menyiapkan data dan informasi yang baik maka medianya harus yang tidak abal-abal artinya medianya itu adalah media yang berbadan hukum. Selain itu wartawannya juga adalah yang memiliki SDM bagus. Kenapa dibutuhkan sinergi dengan media yang tidak abal-abal, karena tidak semua data dan informasi bisa dikelola oleh Pemkab Gowa (Humas) dan itu hanya akan efektif jika melalui tangan media,” tandas sekkab.

Sinergi dan sharing informasi yang dikemas Bagian Humas dan Kerjasama Setkab Gowa dalam momen Media Relation 2018 di baruga Karaeng Pattingaloang Pemkab Gowa, Kamis (11/1) siang ini dihadiri puluhan wartawan dari berbagai media baik cetak maupun elektronik yang bertugas posting di area Pemkab Gowa.

Kabag Humas Kerjasama Setkab Gowa, Abdullah Sirajuddin selaku pemrakarsa kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut digelar bertujuan untuk membangun sinergitas antara Pemkab Gowa dan para media, terkait penyampaian informasi program kerja Kabupaten Gowa kepada masyarakat di tahun 2018.

“Kami lakukan kegiatan ini untuk lebih menguatkan kemitraan kami (Pemkab) dengan para media khususnya yang bertugas liputan di Pemkab Gowa. Tentunya peranan media yang kami harapkan dari para wartawan adalah memberikan informasi yang tepat ke masyarakat dan menjadi pencerah ke masyarakat bila mana terjadi penyebaran isu-isu yang bisa memicu konflik,” tambahnya. (sar)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota.

To Top