Nasional

Pemkab Gowa dan Bandung Kerjasama Aplikasi Smart City

Kadis Kominfo Gowa, Arifudin Saeni dan Kadis Kominfo Bandung, Ahyani Raksanagara meneken perjanjian kerjasama Aplikasi Smart City.

BANDUNG, BKM — Setelah sebelumnya dilakukan MoU antara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dengan Walikota Bandung, Ridwan Kamil, dalam rangka pengembangan dan implementasi aplikasi Smart City, kini dua perwakilan masing-masing pihak kembali melakukan penandatanganan bersama Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Gowa dengan Pemkot Bandung masing-masing diwakili melalui Kadis Kominfo Statistik dan Persandian kedua pihak, Selasa (6/2) pagi di Balai Kota Pemkot Bandung.

Dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tersebut, Kadis Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Gowa, Arifuddin Saeni mewakili Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan dari pihak Walikota Bandung, Ridwan Kamil diwakili Kadis Komunikasi dan Informatika Bandung, Ahyani Raksanagara.

Kegiatan dua pihak ini turut disaksikan Inspektur Inspektorat Gowa, Kamaluddin Serang, Kepala Badan Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah Gowa, Abd Karim Dania, Kabag Humas dan Kerjasama Setkab Gowa, Abdullah Sirajuddin serta sejumlah tenaga staf dari Pemkab Gowa, yang rencananya akan dimagangkan di Pemkot Bandung selama empat hari ke depan.

Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Gowa, Arifuddin Saeni, dalam kesempatan itu mengatakan, perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang dilakukan sebelumnya oleh Bapak Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

“Dengan adanya kerja sama ini maka Pemkab Gowa dalam waktu dekat akan menerapkan beberapa aplikasi terkait Smart City yang telah diterapkan di kota Bandung,” kata Arifuddin Saeni.

Seperti yang diinginkan Bupati Gowa, kata Arifuddin Saeni, ke depan nantinya, pelayanan kepada masyarakat akan berbasis aplikasi termasuk dalam pengelolaan administrasi keuangan. Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan informasi dan pelayanan cukup melalui telepon genggam mereka.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, mengaku bangga dengan kepercayaan yang diberikan kepada pemerintah Kota Bandung dengan adanya perjanjian kerja sama tersebut.

Ahyani pun memperkenankan utusan Pemkab Gowa ini memilih aplikasi yang ada di Kominfo Bandung untuk bisa digunakan di Gowa.

“Silahkan memilih aplikasi apa yang ada di sini. Boleh dikembangkan dan saya kira itu cukup bagus,” kata Ahyani memberikan support agar ke depan pelayanan di Pemkab Gowa akan makin prima.

Sebelumnya, seusai melantik 178 pejabat eselon III dan IV lingkup Pemkab Gowa, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, penerapan aplikask Smart City ini akan difokuskan pada Satuan Kerja Perangkat Kerja (SKPD) yang mengelola pendapatan asli daerah (PAD).

” Target saya, semua SKPD pengelola PAD. Kita lakukan ini karena untuk meminimalisir seluruh kebocoran PAD yang ada dan ini akan menggenjot penerimaan PAD. Kita berlakukan secara bertahap. Untuk awal, kita berlakukan dulu pada lingkup Dinas PTSP dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Setelah itu barulah kita lakukan ke semua SKPD pengelola PAD bahkan akan diberlakukan juga di tingkat kecamatan,” kata Adnan. (saribulan)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2018 Berita Kota.

To Top