Gojentakmapan

Pemkab Gowa Optimalkan Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi

GOWA, BKM — Jajaran Pemkab Gowa bersama pihak Kodam XIV dan Polda Sulsel terus mengoptimalkan persiapan menyambut kedatangan Presiden RI, Joko Widodo di Kabupaten Gowa yang dijadwalkan, Kamis (15/2/2018).

Pantauan BKM Selasa (13/2), baik pihak Pemkab Gowa, Kodam XIV dan Polda aktif di lapangan Syekh Yusuf Discovery Sungguminasa yang berlokasi di Jl Masjid Raya depan kantor Bupati Gowa.

Keberadaan mereka di lokasi kunjungan orang nomor satu di Indonesia itu untuk untuk mensterilkan kawasan Syekh Yusuf Discovery.

Selain jajaran Kodam dan Polda, turut hadir berkoordinasi jajaran keprotokoleran kepresidenan.

Sedikitnya lima orang keprotokoleran presiden hadir di lapangan Syekh Yusuf. Mereka berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis bersama sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa yang terlibat dalam persiapan kedatanangan Presiden.

Salah satu yang dilakukan Pemkab Gowa adalah bersinergi dengan aparat pengamanan. Beberapa pejabat pemerintahan di lapangan Syekh Yusuf mulai melakukan penataan lokasi dan mensterilkan lokasi tempat penyambutan Presiden Jokowi.

Pihak protokol kepresidenan juga serius mengkoordinasikan sejumlah bersama Sekkab Gowa, Muchlis yang didampingi Kadis Sosial, Syamsuddin Bidol dan Kadis Pekerjaan Umum (PU), Mundoap.

Sekkab Gowa, Muchlis disela koordinasi keprotokelran kepresidenan mengatakan, kunjungan Presiden dua hari itu tudak lain untuk membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) serta Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) kepada masyarakat Gowa penerima manfaat.

“Berdasarkan data terakhir yang telah kita sepakati tadi, untuk PKH sebanyak 1.500 orang, ditambah pendamping mereka 200 jadi totalnya 1.700 PKH. Untuk KIP diberikan kepada 1.690 orang ditambah pendampingnya 169 orang sehingga totalnya 1.859 penerima KIP. Untuk guru sertifikasi dan berprestasi itu sebanyak 300 orang guru,” jelas Muchlis.

“Jadi total penerima manfaat yang hadir bertemu presiden sebanyak 3.859 orang. Jika kita totalkan dengan jumlah undangan di luar mereka yang akan menerima itu yah estimasinya berkisar 4.000-an orang,” cetusnya.

Terkait pengamanan, Muchlis sudah berkoordinasi dengan Pangdam VII Sultan Hasanuddin dan Polda Sulsel.

“Untuk pengamanan selama persiapan kunjungan maupun sementara kegiatan hingga presiden meninggalkan tempat, kami sudah membahasnya dengan Pangdam XIV dan Kapolda Sulsel,” kata Muchlis.

Terpisah, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Presiden Joko Widodo akan diterima di lapangan Syekh Yusuf pada pukul 09.00 Wita.

“Kenapa di Gowa? Karena PKH Gowa menjadi percontohan secara nasional termasuk terkait pengelolaan dana desa terbaik. Ada juga pembagian sertifikat tanah milik dari bapak presiden tapi akan dipusatkan pembagiannya di Kabupaten Takalar dan diantara penerima sertifikat tanah itu ada sekitar 60 orang asal Kabupaten Gowa,” kata Adnan.  (saribulan)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2018 Berita Kota.

To Top