Gojentakmapan

Gowa Raih SAKIP Predikat B, Adnan Optimis Bisa Capai A

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Sekkab, Muchlis.

GOWA, BKM – Satu lagi prestasi ditoreh Pemkab Gowa. Di bulan kedua 2018 ini, Pemkab Gowa menerima laporan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2017 dengan Predikat B (nilai 61,16) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB). Untuk predikat B itu, diterima Bupati Gowa diwakili Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni, di Hotel Tentrem Yogyakarta, Selasa (13/2) kemarin.

Berdasarkan sumber data Tim Evaluator SAKIP Kemenpan-RB menyebutkan untuk tingkat kabupaten/kota, raihan predikat B ini merupakan pertama kalinya diraih di Sulsel dengan peringkat pertama diduduki Pemkot Makassar dengan capaian nilai 64,15, menyusul Pemprov Sulsel dengan nilai 62,04, di urutan ketiga Pemkab Gowa dengan nilai Predikat 61,16 serta di urutan keempat Pemkab Sinjai dengan nilai 60,16 sementara 22 kabupatebn/kota lainnya di Sulsel masih pada raihan predikat C.

Terkait raihan hasil SAKIP 2017 ini, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, sangat mengapresiasi capaian tersebut. Bahkan Adnan berterima kasih kepada para pimpinan SKPD yang dibawahinya.

“Kita berada di urutan ketiga. Saya patut berterima kasih kepada pimpinan SKPD karena laporan SAKIP dan penilaian sangat ditentukan oleh inovasi yang dibuat oleh para SKPD dan saya sangat mengapresiasi itu, ” kata Adnan di sela meninjau kondisi lapangan Syekh Yusuf Discovery untuk persiapan penjemputan presiden RI, Joko Widodo yang dijadwal Kamis (15/2) pagi ini.

Adnan mengaku, sejak tahun lalu pihaknya selalu menggenjot para SKPD untuk memperbaiki laporan SAKIP agar target tercapai. Dan hasilnya betul-betul tampak. “Sebelumnya Gowa hanya predikat C sekarang kita naik selangkah menjadi predikat B. Dan Gowa berada di urutan tiga untuk Sulsel,” kata Adnan.

Meski sudah meriah predikat B, namun Adnan tetap berharap ke depan bisa meraih yang terbaik yakni predikat A.

“Saya berharap prestasi ini bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi karena target kita bukan hanya menaikkan dari C menjadi B tapi target kita dan cita-cita kita dimana pelaporan SAKIP kita bisa menjadi predikat A,” tambahnya.

Terpisah, Kabid Perencanaan Makro Bappeda Gowa, Taufik Ortala mengatakan, predikat tersebut merupakan predikat tertinggi yang pernah diraih di Sulsel. “ Ini pertama kali di Sulsel ada kabupaten/kota yang menerima predikat B,” kata Taufik.

Dikatakannya, capaian ini dinilai dari beberapa komponen yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi kinerja. ” Gowa dianggap memenuhi standar itu terutama inovasi yang dimunculkan mengenai penerapan laporan SAKIP berbasis online atau E-Sakip, nah ini salah satu kelebihan Gowa karena pertama kali mengimplementasikan sistem di antara kabupaten/kota lainnya,” tambah Taufik. (saribulan)

Comments
Social Media Berita Kota
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2018 Berita Kota.

To Top