Spongebob dan Gundala Ditegur KPI, Tagar #BubarkanKPI Viral di Sosmed

by Gozy Filhaq
#BubarkanKPI - IGnoyu444

BERITAKOTA.CO.ID – Spongebob dan Gundala Ditegur KPI, Tagar #BubarkanKPI Viral di Sosmed Salah satu informasi yang saat ini viral dan menjadi perbincangan netizen yaitu kontroversi yang dilakukan oleh pihak KPI atau komisi penyiaran Indonesia yang melayangkan teguran untuk acara anak yaitu Spongebob dan juga sebuah trailer film Gundala dimana KPI memberikan teguran keras pada kedua acara tersebut dikarenakan ada pelanggaran pada aturan komisi penyiaran Indonesia, akan tetapi teguran tersebut ternyata mendapatkan perlawanan dari netizen salah satunya di Twitter muncul tagar #BubarkanKPI dikarenakan masalah tersebut.

KPI atau komisi penyiaran Indonesia resmi memberikan teguran untuk trailer film Gundala dan juga SpongeBob SquarePants dikarenakan dari hasil kajian pihak KPI, kedua tayangan tersebut didalamnya mengandung beberapa pelanggaran sehingga dengan berat hati KPI memberikan teguran pada acara tersebut. Namun sepertinya Apa yang dilakukan oleh komisi penyiaran Indonesia langsung di lawan oleh netizen dengan tagar #BubarkanKPI, malahan yang menggunakan pagar Ini adalah sutradara film Gundala yaitu Joko Anwar melalui akun Twitter dan media sosial miliknya.

Surat teguran keras KPI bukan hanya diberikan pada SpongeBob dan juga trailer film Gundala, akan tetapi ada sebanyak 14 program siaran di berbagai televisi yang mendapatkan teguran KPI dan sudah resmi ditandatangani pada tanggal 5 September 2019, malahan pada surat tersebut mereka menyampaikan beberapa tayangan sudah melanggar pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran atau P3-SPS kPI tahun 2012.

14 acara TV yang ditegur KPI

Seperti dikutip dari laman resmi KPI, di bawah ini adalah 14 program dan acara televisi yang mendapatkan teguran resmi dari Komisi penyiaran Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Obsesi di gtv
  2. Promo film Gundala di TV One
  3. Ragam perkara di TV One
  4. DJ sore di Gen FM
  5. Heits Abis di Trans7
  6. Headline News di Metro TV
  7. Centhini di Trans TV
  8. Rumpi no secret di Trans TV
  9. Fitri di ANTV
  10. Dan beberapa tayangan lainnya yang bisa anda akses di website KPI

Alasan KPI memberikan teguran

Dari pengakuan Mulyo Hadi Purnomo selaku Wakil Ketua KPI pusat jika teguran KPI dilayangkan sedikitnya pada 14 acara televisi tersebut dikarenakan hal tersebut adalah undang-undang soal pembatasan dan larangan dan terbukti sudah menyalahi p3sps KPI tahun 2012.

Dari beberapa jenis pelanggaran yang mereka temukan di antaranya adalah terdapat muatan kekerasan, anaknya adegan kesurupan, adegan horor, pemanggilan arwah, sampai konflik pribadi. Selain itu KPI pun menemukan adanya beberapa adegan seksual, ungkapan kasar, penayangan identitas pelaku pelecehan seksual, adegan berbahaya, privasi, dan lainnya.

Selanjutnya untuk big movie Family The SpongeBob SquarePants Movie yang mendapatkan pelanggaran dari Komisi penyiaran Indonesia yaitu adanya dua hal yang dilanggar yaitu tindakan kekerasan di mana seekor kelinci pada kelinci lain memukul wajah dengan papan lalu menjatuhkan bola bowling dan selanjutnya adanya adegan melempar kue tart ke muka dan memukul menggunakan kayu.

Walaupun sudah ada pemberitahuan terkait alasan KPI memberikan pelanggaran terutama pada acara SpongeBob dan juga film Gundala, namun Sangat disayangkan sampai saat ini muncul terus hastag #BubarkanKPI.

You may also like