4 Kesepakatan DPR Setelah Gedung Mereka di Demo Mahasiswa

by Gozy Filhaq
Demo Mahasiswa di DPR - IG

BERITAKOTA.CO.ID – 4 Kesepakatan DPR Setelah Gedung Mereka di Demo Mahasiswa Belum lama ini gedung DPR RI langsung didatangi sejumlah mahasiswa dari berbagai elemen dimana demo mahasiswa tersebut menolak sepenuhnya terhadap rancangan kitab undang-undang hukum pidana atau RKUHP dan selanjutnya mahasiswa menolak RUU Komisi Pemberantasan Korupsi pada hari Kamis 19 September 2019 kemarin. Setelah Sekjen DPR RI yaitu Indra Iskandar menemui demo mahasiswa, seluruh mahasiswa yang tadinya berada di luar pintu gerbang gedung DPR langsung membubarkan diri dikarenakan terdapat kesepakatan antara mahasiswa dan DPR.

Sebanyak 4 poin kesepakatan ketika gedung DPR RI di demo mahasiswa yang didapatkan di mana sebelumnya indra Iskandar selaku Sekjen DPR RI langsung menemui para pendemo dan dirinya berjanji akan memberikan ruang untuk seluruh mahasiswa melalui perwakilan mereka yang nantinya akan diikutsertakan dalam permasalahan tersebut. Negosiasi yang berjalan panjang dan juga alat yang menghabiskan waktu sekitar 2 jam ini akhirnya berujung damai dengan adanya 4 poin yang dijanjikan oleh kedua pihak.

Sekjen DPR RI dipastikan akan mengundang dan melibatkan perwakilan mahasiswa yang hadir saat demo mahasiswa tersebut, selanjutnya DPR RI akan melibatkan dosen atau akademisi dan juga DPR RI akan melibatkan masyarakat sipil untuk hadir dan berbicara pada setiap rancangan undang-undang yang memang belum disahkan.

Dari pengakuan manik marganamahendra selaku perwakilan mahasiswa, dirinya memberikan penegasan kepada pihak DPR RI apabila pada tanggal 24 September dPR sudah menyalahi aturan dan juga ingkar dalam kesepakatan, maka dirinya bersama seluruh mahasiswa akan melakukan aksi lanjutan yang dipastikan lebih besar lagi untuk demo mahasiswa.

4 Kesepakatan DPR Setelah Gedung Mereka di Demo Mahasiswa

Di bawah ini ada 4 poin resmi kesepakatan ketika gedung DPR RI di demo mahasiswa yang nantinya akan kembali bertemu pada tanggal 24 September 2019 yang akan datang dan untuk kesepakatan mahasiswa dan DPR diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. DPR berjanji apabila aspirasi masyarakat Indonesia melalui perwakilan mahasiswa akan disampaikan kepada pimpinan DPR dan seluruh anggota DPR RI
  2. Sekjen DPR dipastikan akan mengundang dan melibatkan seluruh mahasiswa yang turut hadir dalam demo mahasiswa pada tanggal 19 September 2019, selanjutnya akan mengundang dosen, mengundang akademisi dan masyarakat sipil dengan tujuan supaya bisa menghadiri dan berbicara pada setiap rancangan undang-undang lain yang belum disahkan
  3. Sekjen DPR RI berjanji apabila dirinya akan menyampaikan keinginan mahasiswa untuk membuat pertemuan dalam hal penolakan revisi UU KPK bersama DPR RI, selanjutnya penolakan revisi UU KPK dan penolakan RKUHP dengan DPR, dan selanjutnya kepastian tanggal pertemuan sebelum 24 September.
  4. Sekjen DPR RI akan menyampaikan seluruh pesan yang berasal dari mahasiswa kepada seluruh anggota DPR untuk tidak mengesahkan RUU Pertanahan, RUU Ketenagakerjaan, RUU Minerba, dan RKUHP dalam waktu 4 hari kedepan.

You may also like