Siap Dilantik Jadi Anggota DPR, Menkumham Yasonna Laoly Resmi Mengundurkan Diri

by Gozy Filhaq
Menkumham Yasonna Laoly Resmi Mengundurkan Diri - IGferriuno

BERITAKOTA.CO.ID – Siap Dilantik Jadi Anggota DPR, Menkumham Yasonna Laoly Resmi Mengundurkan Diri Belum lama ini salah satu menteri presiden Joko Widodo Jusuf Kalla yaitu Yasonna Laoly yang mempunyai nama lengkap Yasonna Hamonangan Laoly resmi mengundurkan diri dari jabatannya sekarang ini sebagai Menteri Hukum dan HAM atau menkumham dikarenakan bukan masalah polemik RUU KUHP ataupun RUU kPK, akan tetapi menteri yang mempunyai ciri khas berkacamata tersebut mengundurkan diri dikarenakan dalam waktu dekat ini akan dilantik menjadi seorang anggota DPR RI di awal bulan Oktober 2019 yang akan datang.

Menkumham Yasonna Laoly belum lama ini sudah mengirimkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo dikarenakan dirinya di bulan Oktober 2019 akan resmi dilantik menjadi anggota DPR RI, di mana surat pengunduran dirinya tersebut saat ini sudah beredar luas di sejumlah wartawan dan dalam isi surat tersebut, apabila Menteri Hukum dan HAM resmi mengundurkan diri mulai tanggal 1 Oktober 2019 yang akan datang.

Jadi bisa disimpulkan, apabila menkumham Yasonna Laoly mengundurkan diri bukan dikarenakan saat ini sedang panasnya Gejolak politik di Indonesia yaitu demo mahasiswa terkait RUU kUHP dan beberapa rancangan undang-undang lainnya, akan tetapi menteri kebanggaan Presiden Jokowi tersebut mengundurkan diri dikarenakan akan menjadi anggota legislatif.

Di dalam isi surat pengunduran dirinya kepada Presiden Jokowi, tertulis apabila pengunduran dirinya tersebut dikarenakan terpilihnya sebagai anggota DPR Republik Indonesia Untuk Dapil Sumatera Utara I dan memang menjadi sebuah kewajiban untuk warga negara tidak boleh merangkap jabatan, sehingga Yasonna Laoly harus merelakan jabatannya yang tinggal menghitung hari lagi sebagai Menteri.

Seperti diketahui, di dalam pasal 23 undang-undang 39 tahun 2008 terkait kementerian negara, di dalamnya sudah sangat jelas apabila menteri dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya sesuai dengan peraturan perundang yang berlaku di Indonesia.

Adita Irawati selaku staf khusus kepresidenan bidang komunikasi langsung menanggapi pengunduran diri Yasonna Laoly, di mana ia mengatakan kepada awak media jika surat dan konfirmasi pengunduran diri dari menteri Presiden Jokowi tersebut memang benar adanya. Yasonna Laoly mengundurkan diri sebagai menkumham dikarenakan akan menjadi anggota DPR RI.

Saya memperoleh konfirmasi terkait betul apa tidaknya, di mana bapak Yasonna Laoly memang sudah menyerahkan surat pengunduran dirinya dikarenakan dalam waktu dekat ini akan dilantik menjadi anggota DPR RI. Kan tidak boleh seorang menteri merangkap jabatan dikarenakan hal tersebut sudah ada undang-undang yang mengatur yaitu pasal 23 UU 39 tahun 2008,” tandas adita Irawati.

Seperti diketahui apabila pengunduran diri menkumham Yasonna Laoly langsung menjadi trending Google di mana menteri dengan ciri khas berperawakan tinggi dan berkacamata dan juga pintar tersebut, dikabarkan sudah memberikan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo dikarenakan pada bulan Oktober 2019 ia akan dilantik menjadi anggota DPR RI Untuk Dapil sumatera Utara I.

You may also like