5 Hal Penting Yang Harus Diketahui Ketika Akan Bisnis e-Commerce

by Gozy Filhaq
Bisnis e-Commerce - Google

BERITAKOTA.CO.ID – 5 Hal Penting Yang Harus Diketahui Ketika Akan Bisnis e-Commerce Seperti diketahui apabila perkembangan ekonomi dan teknologi di Indonesia Kian hari semakin maju sehingga hal ini untuk masalah bisnis perdagangan elektronik atau yang biasa kita kenal sebagai bisnis e-commerce semakin menggeliat dan banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Bukan hanya bagi para pedagang yang sangat suka mendagangkan apa yang mereka miliki dari bisnisnya, namun bagi para pembeli ternyata untuk masalah belanja online menjadi sesuatu yang sangat trend dan sudah menjadi kegiatan sehari-hari masyarakat di Indonesia terutama bagi mereka semua yang masih muda dikarenakan berbelanja di pasar ataupun di mall, mempunyai rasa yang berbeda ketika berbelanja secara online.

Namun harus anda ketahui ketika anda akan bisnis e-commerce maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan hal penting ini patut untuk diketahui supaya tidak terjerumus pada bisnis online yang malah merugikan anda semua. Fenomena jual beli online memang menjadi fenomena yang luar biasa dikarenakan toko konvensional atau toko yang ada lapak di dunia nyata ternyata semakin tergerus dan sepi dan selanjutnya untuk toko online semakin ramai dengan interaksi jual beli yang hampir tiap detik. Maka tidak aneh, apabila sekarang ini banyak sekali para pedagang yang mulai beralih dari jualan offline ke jualan online dan juga pembelinya lebih menyukai berbelanja online ketimbang mereka harus pergi ke pasar dan berdesak-desakan.

Bagi anda semua yang memang mau punya ini ya untuk jualan online maka silakan mulai dari sekarang untuk membuka lapak baik membuat website sendiri ataupun bergabung dengan beberapa toko e-commerce yang sudah terkenal di Indonesia seperti Lazada, bukalapak, tokopedia, sampai shopee, dikarenakan sampai kapanpun untuk bisnis online ini akan terus menggeliat dan banyak diminati dikarenakan kemudahan dan praktis.

5 Hal Penting Yang Harus Diketahui Ketika Akan Bisnis e-Commerce

Namun apabila anda ingin terjun di bisnis e-commerce maka alangkah baiknya untuk melihat beberapa hal penting di bawah ini supaya Ketika anda semua sudah membuka bisnis secara online bisa mendapatkan keuntungan dan dijauhkan dari kerugian.

Menggunakan media sosial

Hal pertama yang harus anda ketahui apabila media sosial seperti Instagram sampai Facebook, merupakan media yang gratis untuk anda gunakan terutama dijadikan tempat sebagai lahan untuk dagang dikarenakan anda tidak harus membiayai hosting dan sebagainya, maka dengan menggunakan media sosial untuk berbisnis online bisa menjadi alternatif pertama bagi anda semua yang ingin terjun di bisnis e-commerce.

Penggunaan media sosial memang menjadi senjata yang sangat ampuh untuk melakukan jual beli di mana penjualan dengan metode menggunakan media sosial tersebut, dapat secara langsung tepat pada sasaran guna yang sangat menarik dan transaksi yang tidak ribet, walaupun kejujuran Ketika anda berjual-beli harus menjadi prioritas selain memberikan anne-marie bagi para konsumen.

Iklan baris

Selanjutnya bisnis yang paling simpel di dunia bisnis e-commerce yaitu dengan mendaftarkan iklan baris atau classfields, gunanya Menurut kami sangat penting untuk masalah iklan baris dimana anda bisa mengiklankan secara gratis di beberapa website yang menyediakan nya terkait produk yang akan Anda jual sehingga siapa pun yang berkunjung ke website tersebut bisa mengetahui harga dan lokasi tempat anda berjualan.

Konsep shopping mall

Bisnis e-commerce selanjutnya yang harus anda ketahui adalah konsep belanja di mall atau shopping mall dimana Konsep ini merupakan sebuah konsep berjualan yang mirip dengan tenant di Mall namun yang membedakan kan adalah masalah online. Anda bisa membuka sebuah akun untuk menjual produk Anda seperti di shopee dan lainnya maka dengan adanya konsep shopping mall, bisa menjadi solusi untuk bisnis online.

Customer to customer

Hal lain yang harus anda ketahui tentang bisnis online ya itu marketplace C2C yang mirip dengan iklan baris atau yang biasa disebut dengan customer to customer dan yang membedakannya hanya pada masalah layanan pembayaran kepada para pembeli yang diberikan pengusaha atau pemilik, jadi dengan Prona dikirimkan oleh penjual ke pembeli setelah melakukan transfer pembayaran terlebih dahulu. Supaya transaksi penjual dan pembeli berlangsung lancar dan tanpa ada hambatan, biasanya menggunakan layanan rekening bersama atau rekber seperti yang dilakukan di beberapa toko online seperti Tokopedia sampai Bukalapak.

Online shop b2c

Pemilik bisnis akan memasarkan dan menjual produk yang mereka miliki, bagaikan menjadi pemilik toko konvensional pada umumnya pemilik toko online b2c atau bussines to customer bisa mengatur penjualan dan menerima keuntungan secara penuh, walaupun membutuhkan modal dan sumber daya yang tidak sedikit akan tetapi jenis bisnis e-commerce b2c merupakan bisnis yang paling banyak berkembang di Indonesia dimana salah satu contohnya adalah bhineka dan Lazada.

You may also like