Fakta Terbaru Bandara Kertajati Majalengka Yang Terbakar

by Gozy Filhaq
Bandara Kertajati - IGinfrindo

BERITAKOTA.CO.ID – Fakta Terbaru Bandara Kertajati Majalengka Yang Terbakar Belum lama ini sebuah kebakaran hebat terjadi di area Bandar Udara Internasional Kertajati yang ada di Kabupaten Majalengka di mana kejadian kebakaran tersebut terjadi pada hari Sabtu 28 September 2019 yang mengakibatkan sedikitnya 2 penerbangan yang menuju bandara Kertajati harus dialihkan ke Bandar Udara Internasional soekarno-hatta. Ada beberapa fakta yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terkait insiden bandara Kertajati terbakar yang langsung mendadak viral dan trending topic sampai hari ini.

Fakta terbaru bandara Kertajati Majalengka yang terbakar yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet seperti yang diungkapkan oleh sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yaitu Nur isnin istiartono kepada awak media, apabila kebakaran di bandara Kertajati berada di area ujung Landas pacu 32 dan kebakaran sudah bisa dipadamkan oleh petugas pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran setempat. Namun, insiden kebakaran yang terjadi di Bandar Udara Kertajati masih menjadi perbincangan netizen sampai sekarang ini dikarenakan Apakah terbakar atau sengaja dibakar.

Fakta Terbaru Bandara Kertajati Majalengka Yang Terbakar

Yang kami rangkum di bawah ini ada beberapa fakta terkait terbakarnya bandara Kertajati Belum lama ini di antaranya adalah sebagai berikut:

Bandara Kertajati diresmikan tahun 2018

Bandar Udara yang ada di Kabupaten Majalengka Jawa Barat diresmikan oleh Presiden Jokowi tepatnya pada tanggal 24 Mei 2018 Dimana bandara Kertajati mempunyai Terminal seluas 121000 M2 dengan Landas pacu tunggal sepanjang 3000 meter.

Bandara Kertajati direncanakan sejak tahun 2003

Walaupun pembangunan baru intensif dilakukan semenjak tahun 2015 yang lalu akan tetapi bandara Kertajati sebetulnya telah digagas semenjak era Presiden Megawati Soekarnoputri dimana studi kelayakan bandara tersebut sudah dimulai semenjak tahun 2003 Silam.

Hasil rancangan SBY

Dari pengakuan Presiden Joko Widodo kepada awak media ketika ditanya soal bandara Kertajati, presiden Jokowi mengatakan apabila perancang bandara Kertajati adalah presiden ke-6 gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

Menelan biaya sampai 2,6 triliun

Pembangunan bandara Kertajati memang tidaklah murah dikenakan biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah melalui dana APBN yaitu sebesar 2,6 triliun

Mengalami kebakaran

Pada hari Sabtu 28 September 2019 tepatnya pada malam hari sekitar jam 21.00 WIB bandara Kertajati mengalami kebakaran yang lokasinya berada di ujung Landas pacu 32 namun api pun bisa langsung ditangani dengan cepat dan akibat dari kebakaran tersebut 2 penerbangan yang menuju bandara Kertajati harus dialihkan ke bandara internasional soekarno-hatta yang ada di Tangerang.

Api yang sempat mendekati ke area gudang avtur langsung membuat sejumlah mobil tangki bahan bakar langsung dievakuasi berikan akan sangat berbahaya hal ini seperti diungkapkan oleh Agus Permana selaku kepala BPBD Majalengka kepada awak media. Untuk asal api diduga muncul pertama kali dari lahan milik warga yang ada di blok Pejaten desa Kertajati Kecamatan Kertajati kabupaten Majalengka sehingga api tersebut langsung sampai ke lahan bandara selanjutnya di sekitaran gudang bahan bakar dan biaya kargo.

You may also like