Cara Mudah Perpanjang SIM Online Terbaru 2019

by Gozy Filhaq
perpanjang SIM online - IGshintaayw

BERITAKOTA.CO.ID – Cara Mudah Perpanjang SIM Online Terbaru 2019 Bagi kalian semua yang ingin secara cepat memperpanjang SIM tanpa harus menunggu lama di kantor Samsat yang ada di kota Anda, maka salah satu cara untuk memperpanjang SIM yaitu secara online bisa dilakukan oleh anda semua dikarenakan lebih mudah dan sangat praktis. Surat Izin Mengemudi merupakan salah satu kelengkapan administrasi yang memang wajib dibawa Ketika anda menggunakan kendaraan baik roda dua ataupun roda empat di mana SIM adalah bukti jika anda sudah layak dan lulus untuk menggunakan kendaraan. Untuk perpanjang SIM bisa dilakukan dengan berbagai cara dan yang paling terbaru yaitu perpanjang SIM dengan cara online yang saat ini sedang banyak dilakukan oleh para pengguna SIM.

Cara perpanjang SIM online memang lebih praktis ketimbang cara yang lain dimana banyak proses yang harus anda lakukan ketika datang langsung ke kantor Samsat polsek setempat, sehingga hal tersebut bisa menyita waktu anda untuk antri dan sebagainya. Berbeda dengan memperpanjang SIM secara online yang lebih praktis dan ekonomis dikarenakan untuk memperpanjang SIM adalah sebuah keluhan tersendiri karena harus antri dan sebagainya malahan terkadang yang dirasakan oleh kita semua yaitu prosedur yang sulit dan berbelit.

Untuk menjawab seluruh kebutuhan masyarakat terkait perpanjang SIM, maka pihak Kepolisian Republik Indonesia sudah melakukan terobosan terbaru demi tujuan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi anda semua yang ingin memperpanjang SIM Maka sangat direkomendasikan dengan cara perpanjang SIM online.

Perpanjang SIM Online

SIM online hadir menjadi salah satu solusi yang sangat tepat di era zaman sekarang ini, dikarenakan bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM sekarang ini sudah sangat dibolehkan terutama perpanjang SIM secara online dikarenakan Anda tinggal mengisi form SIM yang sudah disediakan di website milik Kepolisian Indonesia dan selanjutnya jika sudah benar maka langkah yang Anda lakukan terutama bagi para pemohon SIM hanya tinggal mendatangi kantor Samsat dan selanjutnya hanya tinggal mengambil simbaru.

Cara memperpanjang SIM online

Bagi kalian semua yang ingin memperpanjang SIM secara online maka silakan untuk mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Silakan membuka website resmi milik Kepolisian Republik Indonesia untuk mendaftarkan perpanjang SIM secara online di link berikut ini: Sim online
  • Selanjutnya silakan pilih menu pendaftaran SIM online dengan membaca seluruh panduan yang ada ada terkait dengan satpas mana tempat anda validasi data dan Silakan baca dengan baik seluruh petunjuk dan apabila sudah selesai silakan Klik tombol lanjutkan
  • Selanjutnya silakan masukkan data Sesuai dengan informasi yang tertera di laman data permohonan dimana pada bagian ini akan muncul beberapa jenis data diantaranya jenis permohonan maka silakan isi dengan perpanjang SIM, golongan SIM maka silakan isi si dengan jenis sim yang akan diajukan oleh pemohon, misalnya untuk SIM C maka mengisi formulir C dan a untuk SIM A, selanjutnya isi nomor Sim yaitu memasukkan nomor Sim yang akan diperpanjang, polda kedatangan, satpas kedatangan, dan lokasi kedatangan. Untuk tiga bagian yaitu Polda sarpras dan lokasi kedatangan merupakan tempat yang nantinya para pemohon SIM akan melakukan validasi isian data SIM online yang sudah dilakukan dan dan Silakan baca dengan sesama.
  • Isi form data pribadi
  • Selanjutnya Pada penampilan halaman yang lain, maka silakan Anda mengisi data pribadi Anda sesuai dengan KTP dan Isilah dengan baik dan benar.
  • Ar masukkan informasi data keadaan darurat yang dapat dihubungi dimana ada tiga tipe informasi dasar yaitu kontak untuk keadaan darurat diantaranya hubungan, nama, nomor telepon, dan alamat rumah, selanjutnya jangan lupa mengisi data validasi yaitu nama ibu kandung dan juga mengisi data sertifikasi si yaitu pilihan Apakah pernah ikut kursus mengemudi atau tidak.
  • Selanjutnya mengisi konfirmasi data input dimana pada bagian ini para pemohon SIM berencana akan melakukan validasi data isian SIM online yang sudah dilakukan dan silakan isi dengan baik dan benar.
  • Terakhir anda pun Hanya tinggal menunggu email konfirmasi bukti registrasi SIM online.
  • Apabila anda sudah mendapatkan email konfirmasi bukti registrasi SIM online makan nanti nya Anda harus membayar sejumlah uang yang sudah ditentukan di beberapa bank yang ditunjuk Korlantas Polri yang bisa anda gunakan pembayaran tersebut baik melalui ATM, melalui teller bank, dan mesin EDC.

Ketika anda akan mengambil SIM di kantor Samsat setempat maka silakan untuk melengkapi dan membawa beberapa data di bawah ini:

  1. Membawa e-ktp
  2. Membawa SIM lama dan fotokopi SIM lama
  3. Membawa surat keterangan kesehatan mata dari dokter
  4. Membawa bukti registrasi online dan juga bukti transfer pembayaran tagihan
  5. Dan silakan datang ke kantor satpas online sesuai tempat dan waktu isian registrasi SIM online yang kalian isi di atas.

You may also like