Makna Tumpeng dan Pentingnya Memilih Spesialis Nasi Tumpeng Terpercaya

by cs_hardiayan
Makna Tumpeng dan Pentingnya Memilih Spesialis Nasi Tumpeng Terpercaya (2)

Makna Tumpeng dan Pentingnya Memilih Spesialis Nasi Tumpeng TerpercayaNegara Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner. Beraneka ragam kuliner khas nusantara yang lezat masih banyak peminatnya tak kalah bersaing dengan aneka kuliner unik dari luar negeri. Jika ada pertemuan keluarga atau acara khusus, masih banyak yang menyediakan makanan khas Indonesia seperti nasi tumpeng.

Nasi tumpeng menjadi salah satu makanan yang merupakan bagian penting dalam beragam perayaan di beberapa daerah di Indonesia. Seperti ketika merayakan hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Kegiatan memotong nasi tumpeng ini sering menjadi puncak dalam suatu acara. Tak heran banyak yang memesannya dari spesialis nasi tumpeng agar rasanya enak.

Lalu, mengapa nasi tumpeng menjadi suatu manakan yang penting dalam perayaan di Indonesia? Nasi tumpeng merupakan salah satu makanan yang biasanya disediakan dalam acara selamatan dan syukuran. Terkadang masyarakat sekaranga, masih rancu dengan dua kata itu, tetapi sebenarnya keduanya merupakan dua hal yang berbeda.

“Selamatan” biasanya merujuk pada sesuatu yang belum dikerjakan atau dilakukan. Sedangkan “syukuran” merupakan perayaan untuk yang sudah terjadi dan disyukuri. Misalnya negara Indonesia sudah merdeka, maka perayaan dengan nasi tumpeng itu merupakan syukuran. Sedangkan selamatan misalnya saja meminta keselamatan bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia ke depannya.

Keterkaitan sebuah perayaan, sujud syukur, dan juga permohonan terhadap Tuhan inilah kemudian yang menjadi benang merah dengan nasi tumpeng. Nasi tumpeng merupakan suatu bentuk representasi dinantara hubungan manusia dengan Tuhannya dan juga hubungan manusia terhadap sesamanya.

Dalam Kitab Tantupanggelaran (kitab yang sudah ada pada zaman Majapahit) diceritakan bahwa saat Pulau Jawa berguncang, maka Batara Guru dalam konsep Hindu memerintahkan untuk membawa puncak Mahameru di negara India agar dapat menstabilkan Pulau Jawa dan jadilah Gunung Semeru di Jawa Timur. Puncak tertinggi yang ada pada tumpeng dipercaya masyarakat sebagai tempat dari para Dewa.

Manusia memahami konsep Ketuhanan sebagai sesuatu yang besar dan tinggi sehingga berada di puncak. Nasi Tumpeng merupakan representasi dari puncak gunung atau konsep Ketuhanan. Spesialis Nasi tumpeng tentu sudah mahir memilih apa saja lauk yang biasa disajikan bersama nasi tumpeng.

Lauk pada nasi tumpeng ini juga merupakan simbol sumber daya alam dari laut, darat, dan juga udara.  Warna nasi kuning atau putih pada tumpeng pun mempunyai arti khusus. Kuning adalah warna emas, simbol kemuliaan yang megah.

Sedangkan warna putih pada tumpeng bermakna sebagai sebuah simbol kesucian.  Makna adanya tumpeng dalam peringatan Kemerdekaan RI berarti manusia bersyukur atas kemerdekaan yang dapat dinikmati serta memohon agar negara Indonesia selalu dalam keadaan aman, sejahtera, serta lepas dari bencana.

Beberapa lembaga biasanya memilih spesialis nasi tumpeng untuk acara penting atau lomba 17 Agustus. Hal itu agar mendapatkan nasi tumpeng yang tak hanya dihias dengan bagus tapi juga lezat saat disantap. Oleh karena itu penting untuk memilih tempat yang bagus agar tumpeng yang didapatkan tidak mengecewakan.

Itulah sekilas mengenai makna tumpeng dan pentingnya memilih spesialis nasi tumpeng terpercaya. Semoga bermanfaat.

You may also like