4 Tips Sukses Selesaikan Pekerjaan Kantor, Tak Selalu Dikejar Deadline

by Tigin Pesa
Dikejar Deadline

Pekerjaan di kantor seringkali datang secara bersamaan. Anda mungkin harus mengerjakan berbagai pekerjaan dalam satu waktu, menggunakan project management software dengan fitur lengkap bersama tim kantor lainnya, demi project berjalan lancar. Deadline yang menumpuk juga menjadi masalah banyak banyak karyawan. Namun, menganggapnya sebagai tekanan justru membuat pekerjaan menjadi semakin berat.

Dikejar target saat bekerja pasti dialami oleh banyak orang. Sayangnya, masih banyak orang yang belu mengetahui cara terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Anda harus punya solusi terbaik agar daftar pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu.

Anda harus tahu apa penyebab pekerjaan Anda tak selesai tepat waktu. Selain itu, ada beberapa tips yang perlu Anda pahami agar sukses menyelesaikan pekerjaan kantor dan tak perlu dikejar tenggat waktu.

  1. Buat priotitas Anda sendiri

Dari berbagai daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan, buatlah target Anda sendiri. Jika Anda harus mengerjakan 3 laporan dalam satu hari, maka prioritaskan laporan yang membutuhkan waktu yang lama dan cukup sulit. Anda perlu banyak waktu mengerjakannya, maka menyelesaikan pekerjaan ini terlebih dahulu bisa mencegah terjadinya keterlambatan prosesnya. Namun, buatlah prioritas sesuai dengan kemampuan dan jam kerja Anda.

  1. Kerjakan segera

Banyak orang yang menunda pekerjaan karena malas melakukannya atau justru bosan dengan pekerjaan yang sama setiap hari. Namun, jika pekerjaan yang Anda lakukan memiliki deadline yang sempit, maak segera lakukan tugas tersebut.

Fokus pada bagaimana Anda dapat mencapai target tersebut dan jangan mudah tergoda untuk melakukan hal yang lain. Cara ini cukup efektif untuk mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Namun, ingat untuk tetap tidak terburu-buru dalam mengerjakannya.

  1. Buat jadwal pada kalender

Jangan membayangkan jadwal Anda yang padat. Tuliskan jadwal Anda pada kalender agar Anda mengetahui cara yang pasti untuk menjaga produktivitas Anda. Menuliskan jadwal pada kalender juga bisa membuat Anda mengetahui pekerjaan mana yang sebaiknya dikerjakan.

Hal ini berlaku baik untuk project simpel ataupun yang rumit seperti melakukan konstruksi bangunan yang harus penuh kalkulasi dan melibatkan banyak tim, mulai dari arsitek hingga tukang.

  1. Jangan membiasakan diri untuk multitasking

Meskipun pekerjaan yang harus Anda lakuan cukup banyak, namun usahakan untuk tidak mengerjakannya sekaligus. Meskipun terlihat produktif, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda tidak bisa maksimal dalam mengerjakan satu pekerjaan karena konsentrasi yang terbagi. Tetap selesaikan pekerjaan sesuai dengan susunannya.

Sukses mengerjakan projek atau pekerjaan di kantor memang harus dimulai dari diri sendiri. Kebiasaan menunda pekerjaan bisa menjadi boomerang bagi diri Anda sendiri. Sikap menunda ini menjadi satu sikap yang sering dilakukan namun bisa merusak karir Anda. Mulailah mengerjakan pekerjaan sesuai dengan susunannya.

You may also like