Bisnis Franchise dan Strategi Pemasarannya

by Tigin Pesa
Strategi Pemasaran

Di era serba canggih saat ini, banyak orang tertarik ingin berbisnis karena melihat orang sekitarnya sukses dalam berbisnis. Namun, mereka bingung bagaimana harus memulainya. Bisnis yang baik tentu saja harus memiliki strategi pemasaran. Meskipun pilihan berbisnis jatuh pada bisnis franchise, tetap saja membutuhkan teknik marketing yang tepat.

Bisnis Franchise secara sederhana melibatkan Fanchisor dan Franchisee. Franchisor adalah pelaku bisnis yang meminjamkan merk produknya kepada orang lain yang disebut Franchisee. Misalnya, Franchisor memiliki produk merk A, Franchisee ingin mencoba berbisnis yang sama dengan Franchisor. Franchisee lalu membeli manajemen dan lain-lain terkait dengan bisnis tersebut.

Franchisee membangun bisnisnya dengan mudah karena sudah ada contoh lengkapnya. Baik dari segi managemen dan strategi pemasaran. Keuntungan lain dari berbisnis franchise adalah Anda menjual produk yang sudah cukup terkenal. Jadi, pebisnis waralaba tidak perlu merasa khawatir jika produknya tidak akan laku di pasaran.

Franchisee juga dengan mudah mencontek teknik marketingnya. Semua akan diberitahu oleh Franchisor. Tugas Franchise hanya meniru dan menjalankan metode penjualannya. Jika Anda menjalankan bisnis waralaba ini dengan baik dan tekun, bukan tidak mungkin bisnis tersebut berhasil seperti yang dikelola oleh Franchisor.

Strategi pemasaran untuk bisnis Franchise ini tergolong mudah. Anda sebenarnya tidak perlu terlalu pusing memikirkannya. Produk franchise adalah produk yang cukup dikenal orang lain. Anda hanya perlu menyiapkan strategi lain agar bisnis Anda berkembang pesat, kalau bisa melampui pebisnis utamanya.

Apa saja teknik marketing yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis franchise?

Walaupun produk yang kita jual sudah cukup terkenal, tidak ada salahnya kita memikirkan cara lain untuk memasarkan produk Anda.

Pemilihan Lokasi

Lokasi bisnis yang tepat sudah pasti menjadi salah satu strategi pemasaran yang bagus. Lakukan survey lokasi terlebih dahulu. Usahakan lokasi yang dipilih tidak berdekatan dengan tempat yang menjual produk dengan merk yang sama dengan Anda. Lokasi yang ramai dilewati juga bisa menjadi bahan pertimbangan. Anda bisa memilih daerah perkotaan. Gaya hidup orang yang tinggal di perkotaan biasanya akan menuntut mereka untuk mencoba hal-hal yang sudah terkenal dan menjadi perbincangan khalayak ramai. Apalagi produk yang Anda jual viral di media sosial.

Promosi

Di samping teknik marketing produk yang diajarkan Franchisor, tidak ada salahnya Anda mencoba strategi-strategi penjualan lain yang mampu mendongkrak pembelian produk Anda. Promosi di media sosial bisa menjadi bahan masukan bagi Anda. Banyak pedagang dan pebisnis meraup untung besar karena berjualan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Caranya juga relatif mudah dan hemat biaya. Cukup posting foto produk yang menarik dan disertai caption yang apik, bisa dipastikan produk Anda akan semakin laris dan terkenal.

Tim Solid

Kunci sukses suatu bisnis adalah tim yang solid. Mulailah memilih karyawan-karyawan dengan teliti. Mulailah dengan tes wawancara. Tanyakan alasan mengapa mereka ingin bekerja di perusahaan Anda. Tes juga kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas yang sesuai dengan bidangnya. Jika mereka belum memiliki kecakapan tetapi mempunyai adab dan akhlak yang baik, tidak ada salahnya Anda memberikan mereka pelatihan sebulan atau dua bulan. Mencari karyawan yang cakap di bidangnya sangat mudah, tetapi mencari karyawan yang beretika tinggi lebih susah.

Nah, Anda sudah siap berbisnis franchise, kan? Sukses Anda tergantung dari usaha Anda. Maksimalkan potensi diri, bersabar dalam proses, kesuksesan akan Anda raih. Jangan lupa, pelajari strategi pemasaran ya!

 

 

 

 

 

 

 

You may also like