Cara Mudah Agar Rambut Tidak Mengembang

by cs_hardiayan
Agar Rambut Tidak Mengembang

Memiliki rambut indah adalah dambaan semua perempuan. Namun, ketidaktahuan cara merawat rambut dengan benar membuat sebagian besar perempuan memiliki masalah pada rambut mereka. Salah satunya adalah rambut yang mengembang. Jenis rambut seperti ini sering disebut sebagai rambut singa. Berikut akan dibahas penyebab rambut mengembang dan cara agar rambut tidak mengembang.

Beberapa penyebab rambut mengembang diantaranya adalah:

Terlalu Sering Keramas

Perempuan yang memiliki rambut yang cenderung mengembang sebaiknya harus mempertimbangkan jadwal berkeramas. Anda sebaiknya berkeramas minimal 2 hari sekali atau jika tidak rambut tidak terlalu kotor, Anda bisa melakukannya seminggu sekali. Berkeramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami rambut yang berfungsi melembabkan rambut agar rambut tidak kering. Menggunakan air hangat tidak dianjurkan bagi pemilik rambut mengembang karena akan semakin menghilangkan minyak alami pada rambut Anda.

Produk Perawatan

Penggunaan produk perawatan rambut yang salah bisa menyebabkan masalah rambut. Jika rambut Anda tidak berketombe tetapi Anda menggunakan produk perawatan rambut untuk mengatasi ketombe, disinilah letak masalah rambut timbul. Sebaiknya Anda memakai produk perawatan seperti shampoo, kondisioner, dan masker rambut sesuai permasalahan rambut Anda. Pilihlah produk perawatan yang tepat untuk rambut yang mengembang.

Penataan Rambut

Cara agar rambut tidak mengembang lainnya dilihat dari penataan rambut. Rambut dengan tipe mengembang sebaiknya memperhatikan cara penataan rambut yang tepat. Ketika menggunting rambut di salon, pilihlah model rambut yang tepat agar rambut tidak terlalu tampak mengembang. Hindari model layer karena bisa membuat rambut Anda semakin terlihat mengembang.

Styling Rambut

Untuk sementara Anda sebaiknya menghentikan penggunaan alat styling rambut. Rambut yang sering terpapar alat yang panas dan bahan kimia akan membuat rambut semakin mengembang.

Nah, di atas sudah dipaparkan beberapa penyebab rambut menjadi mengembang. Bagaimana cara agar rambut tidak mengembang? Disamping dengan memperhatikan frekuensi keramas, memilih produk perawatan dan gaya rambut yang tepat, juga menghentikan penggunaan alat styling rambut, ada beberapa cara mudah lainnya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya sebagai minyak terbaik di antara semua jenis minyak yang bermanfaat bagi tubuh maupun rambut. Kandungan dalam minyak zaitun mampu mengatasi permasalahan rambut mengembang. Minyak alami rambut yang sedikit atau tidak ada sama sekali akan digantikan fungsinya oleh minyak zaitun. Pengaplikasian rutin pada rambut akan membuat rambut menjadi semakin indah dan tidak mengembang.

Lindungi Rambut

Ketika berada di luar rumah, sebaiknya gunakan topi atau payung untuk melindungi rambut Anda dari debu dan panas matahari yang bisa merusak rambut Anda. Untuk perempuan muslim, penggunaan hijab adalah cara yang tepat untuk melindungi rambut Anda.

Pola Hidup

Memiliki pola hidup sehat sebenarnya mampu mengatasi permasalahan rambut Anda. Pilihlah makanan yang bisa menyehatkan rambut Anda. Makanlah makanan yang mengandung protein tinggi seperti kacang-kacangan dan ikan salmon. Disamping itu, bayam dan jambu biji juga dipercaya bisa mengatasi rambut yang mengembang.

Perawatan Salon

Lakukan hair spa dan hot oil treatment sebagai tambahan perawatan untuk mengatasi rambut mengembang. Cream pada hair spa mengandung vitamin yang bagus untuk kesehatan rambut. Minyak esensial pada krim hair spa juga bisa membuat rambut menjadi harum. Sementara itu, hot oil treatment adalah perawatan yang digunakan dalam pemijatan pada kulit kepala. Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan rambut yang lebih bagus dari sebelumnya.

Demikianlah beberapa tips atau cara agar rambut tidak mengembang. Anda yang memiliki jenis rambut seperti ini tentu sudah tidak perlu khawatir lagi, kan? Ikuti saja tips di atas. Rambut indah dan sehat yang menjadi idaman Anda akan segera menjadi milik Anda.

 

 

 

 

 

You may also like