Yuk Simak Manfaat Bermain Catur

by cs_hardiayan
Yuk Simak Manfaat Bermain Catur

Seringkali kecerdasan seseorang ditentukan dari nilai sekolah, ataupun kemampuan dalam bidang matematika. Sedangkan kecerdasan pada bidang lainnya, seakan terpinggirkan dan tidak dianggap.

Tahukan anda bila, kecerdasan seseorang  juga bisa dilihat saat bermain catur ? bahkan permainan satu ini, seringkali diperlombakan. Selain sebagai ajang perlombaan, apa saja manfaat yang bisa didapatkan pemainnya ? Berikut ulasannya.

 

Mengenal Permainan Catur

Sedari dulu, catur tetap eksis menjadi permainan yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Permainan ini seringkali dimainkan, tatkala mengisi waktu luang agar lebih bermanfaat.

Bahkan sebagian orang menyatakan, jika memainkan catur merupakan hobinya. Dibandingkan dengan hobi lainnya, hobi memainkan catur tidak terlalu banyak diminati. Sebab permainan ini terasa unik, apabila dibandingkan hobi lainnya .

Tidak hanya menjadi permainan semata, catur seringkali menjadi ajang perlombaan. Dalam perlombaan tersebut, peserta bisa menguji tingkat taktik yang dimilikinya, untuk memenangkan pertandingan.

Berlandaskan taktik untuk memainkannya, menjadi alasan kenapa permainan ini perlu menggunakan otak.Permainan akan berakhir, ketika pion dalam catur sudah tidak bergerak (skak) ataupun raja telah tewas.

 

1. Tingkatkan kreatifitas pemainnya

Setiap permainan memiliki peraturan pada setiap prosesnya, begitu pula ketika bermain catur. Pemain tidak bisa memindahkan pion semaunya, sebab setiap pion memiliki cara unik untuk melangkah.

Karena tidak dapat bergerak leluasa, pemain harus sedikit memutar otak, bagaimana caranya agar dirinya menang, tanpa disadarinya, permainan ini mengasah kreatifitas untuk menyelesaikan masalah yag tengah dihadapi.

Kreatifitas tersebut terasah, ketika menyusun startegi untuk memenangkan pertandingan. Pemain juga harus mencari jalan keluar terbaik, apabila musuh bersiap menyerang pertahanan atau mengetahui taktik pergerakan anda.

Ketika menggunakan taktik tepat, pemain akan berhasil lolos dari serangan balik tersebut. Dari taktik inilah, para pemain bisa menerapkannya dalam kehidupan asli.

2. Sembuhkan Penyakit Stroke

Para pemain catur, biasanya membutuhkan konsentrasi tinggi untuk membuat strategi nya. Walaupun duduk dalam waktu yang lama, namun motorik dalam tubuh terus bekerja.

Apabila motorik seseorang terus berjalan, dapat membantu menyembuhkan penyakit stroke. Tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan, melakukan permainan ini secara teratur dapat mengembangkan motorik penderitanya.

Bidikan catur, ternyata mampu memulihkan gerakan dari syaraf motorik yang sempat berhenti.

Selagi membuat stategi untuk memenangkan pertandingan, penderita stroke dapat sekaligus melatih kecerdasan otak. Apabila pergerakan syaraf dipadukan dengan kemampuan otak, penderita stroke dapat pulih lebih cepat.

 

3. Tingkat IQ Pemain

Tidak banyak orang yang menyukai permainan satu ini, karena pemain harus berfikir lebih dalam untuk membuat taktik. Dari alasan inilah banyak orang  yang mengatakan bahwa, permainan ini khusus untuk orang cerdas.

Namun ada pula yang mengatakan jika, permainan taktik ini dibuat untuk orang ingin menjadi pintar. Sebab selama permainan berlangsung, pemain harus membuat taktik yang paling efektif.

Seperti telah diulas https://www.harapanrakyat.com/, beberapa peneliti bahkan mengungkapkan hal yang cukup mengejutkan. Seseorang yang rutin bermain catur sekitar 4 bulan, mampu meningkatkan IQ pemainnya.

Peningkatan IQ tersebut bisa terjadi, karena otak sudah terbiasa untuk melihat sekaligus menghitung strategi pemecahan masalah. Semakin tepat dan cepat taktik yang digunakan, dipastikan tingkat kecerdasannya bertambah pesat.

 

4. Kesabaran yang Terus Terlatih

Pada umumnya para pemain catur, membutuhkan konsentrasi tinggi untuk melihat sekaligus membuat strategi. Kondisi tersebut mengharuskan pemainnya untuk memikirkannya secara matang, agar permainan berkahir di tangan.

Apabila taktik dibuat dengan kecorobohan, jangan berharap untuk memenangkan pertandingan. Bergelut dengan pemikiran diri, membuat  permainan berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan membutuhkan kesabaran.

Tidak semua pemain membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya, sebab tergantung dari pemainnya itu sendiri.

Apabila pemain dapat menentukan taktik tepat dalam waktu singkat, permainan akan berakhir lebih cepat pula. Ketepatan dalam pemilihan kebutuhan, membutuhkan kesabaran.

Langkah gegabah hanya akan merugikan pemain sendiri, dengan membiarkan lawan mengetahui stategi anda. Selain rasa senang, bermain catur dapat melatih kesabaran seseorang.

Permainan ini memang tidak terlalu mengandalkan otot untuk melakukannya, sehingga pemain hanya terlihat merenung dalam kesunyian hingga beberapa waktu mendatang.

Dibalik kesunyian tersebut, pemain sedang bergelut dengan pemikirannya sendiri. Namun siapa sangka bila permainan taktik ini, miliki segudang manfaat bagi pelaksananya.

 

You may also like