Mau Pesan Nasi Tumpeng yang Enak dan Lezat? Di sini Aja

by cs_hardiayan
Mau Pesan Nasi Tumpeng yang Enak dan Lezat Di sini Aja

Siapa di sini yang tak suka dengan nasi tumpeng? Nasi berbentuk kerucut dengan aneka lauk pauk ini menjadi primadona bagi para tamu ketika menghadiri sebuah pesta atau hajatan. Ya, nasi tumpeng biasanya memang dihidangkan sebagai suguhan kepada para tamu dalam sebuah acara syukuran atau hajatan.

Nasi tumpeng ini awalnya berasal dari daerah jawa Tengah, namun kini telah banyak nasi tumpeng khas daerah lain dengan variasi mereka sendiri. Bagaimana dengan daerahmu, apakah mempunyai nasi tumpeng khas tersendiri?

 

Ragam Nasi Tumpeng dari Berbagai Daerah

Nah, untuk menambah pengetahuan dan wawasan Anda, kami akan mengulas tentang jenis nasi tumpeng dari berbagai daerah. Informasi ini juga dapat digunakan sebagai referensi mengenai di mana tempat yang tepat untuk memesan nasi tumpeng yang lezat untuk hajatan Anda.  Simak ulasan berikut ya!

 

Nasi Tumpeng Khas Jakarta

Variasi nasi tumpeng di Indonesia yang pertama dari DKI Jakarta. Untuk daerah Jakarta biasanya nasi tumpeng digunakan sebagai sajian ketika merayakan Ibu Kota dari Negara Indonesia tersebut. Selain untuk acara ulang tahun, nasi tumpeng khas Jakarta ini biasanya juga disuguhkan ketika meresmikan suatu bangunan atau usaha.

Pada dasarnya, nasi tumpeng Jakarta ini memiliki tampilan fisik yang tak jauh berbeda dengan nasi tumpeng khas jawa tengah. Satu hal yang membedakan yaitu pada menu lauk pauk yang digunakan. Lauk yang digunakan dalam nasi tumpeng Jakarta adalah ayam bakar, gepuk daging sapi, perkedel kentang, orek tempe, dan sambal goreng ati dan telur puyuh.

Tenang saja, bagi Anda yang ingin menggunakan nasi tumpeng khas Jakarta dalam acara ulang tahun atau syukuran, saat ini banyak sekali jasa catering yang handal sehingga Anda dapat pesan nasi tumpeng Jakarta yang super lezat tersebut.

 

Nasi Tumpeng Khas Sunda

Satu lagi ragam nasi tumpeng dari daerah lain di Indonesia yaitu Sunda atau Jaw barat. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa Jawa barat memang menjadi gudangnya makanan lezat dan nikmat, salah satunya adalah nasi tumpeng.

Berbeda dengan nasi tumpeng dari daerah yang lain yang memiliki aneka lauk dengan bumbu khasnya masing-masing, nasi tumpeng khas sunda memiliki satu lauk yang terdiri dari berbagai macam bahan seperti ayam, daging sapi, kentang, tempe, buncis, wortel, dan masih banyak lagi.

Selain itu, nasi tumpeng khas sunda inin juga menggunakan campuran beras ketan, sehingga tekstur nasinya lebih padat.

 

Nasi Tumpeng Khas Jawa Tengah

Untuk varian nasi tumpeng yang satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga Anda, ya, nasi tumpeng khas jawa tengah. Nasi tumpeng khas jawa tengah ini memiliki beragam jenis untuk berbagai keperluan pula. Seperti nasi tumpeng  nujuh bulan untuk acara tujuh bulanan kehamilan, nasi tumpeng robyong untuk acara siraman, tumpeng nasi kuning untuk acara syukuran, dan masih banyak lagi.

Sebagai pendamping, nasi tumpeng khas jawa tengah ini disajikan dengan ayam suwir, tempe orek, mie goreng, perkedel, serundeng, dan lalapan. Untuk menambah cita rasa dan keindahan, nasi tumpeng ini ditambahkan rempah-rempah kunyit sehingga warnanya menjadi kuning.

Nasi tumpeng khas jawa tengah ini disajikan di atas nampan bulat dengan alas daun pisang yang dibentuk segitiga pada bagian pinggirnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai ragam nasi tumpeng dari berbagai macam daerah. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

You may also like