Ini Dia Bentuk Kalimat SPOK Beserta Contohnya  

by cs_hardiayan
Kalimat SPOK

Ini Dia Bentuk Kalimat SPOK Beserta Contohnya. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang digunakan oleh rakyat Indonesia dan dijadikan sebagai bahasa pemersatu bangsa, dari banyaknya bahasa yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia juga merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah dan masih diajarkan sampai sekarang. Meskipun sudah diajarkan di sekolahan dan sering digunakan, tetapi masih banyak orang yang belum bisa menulis sesuai dengan tata bahasa Indonesia itu sendiri.

Salah satu tata bahasa yang kadang salah adalah kalimat SPOK, yang juga termasuk ke dalam materi pelajaran bahasa Indonesia. Kalimat merupakan kumpulan dari beberapa kata dan dapat dikatakan sebagai kalimat asalkan memiliki unsur subjek serta predikat. Sehingga tanpa ada kedua unsur tersebut kumpulan kata tadi tidak dapat dikatakan sebagai kalimat, tapi hanya sebuah kumpulan kalimat saja.

Oleh karena itu, SPOK ini penting terutama pada saat menulis guna membuat kalimat yang efektif. Bagi kamu yang masih merasa kesulitan dalam menulis kalimat yang sesuai dengan tata bahasa Indonesia, terutama pada bentuk kalimat SPOK bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi website tambahpinter.com untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap terkait SPOK dan informasi lain yang tentunya akan menambah pintar.

 

Pola Kalimat

Mungkin di antara kamu ada yang belum tahu apa itu pola kalimat, karena hal ini pun berkaitan dengan penjelasan yang berikutnya. Pola kalimat merupakan sebuah susunan yang ada dalam sebuah kalimat serta terdiri dari SPOK. SPOK sendiri merupakan sebuah singkatan dari Subjek-Predikat-Objek-Keterangan, yang menjadi unsur dalam sebuah kalimat. Sebuah pesan dapat disampaikan melalui tulisan dan tidak jarang tulisan tersebut yang menimbulkan kesalahpahaman antara dua pihak.

Oleh karenanya, pola kalimat ini dirasa penting agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan penyusunan kata yang sesuai pola kalimat tadi. Apabila salah dalam pola kalimat ini pun bisa menyebabkan perbedaan arti dari kalimat tersebut. Sehingga, dibutuhkan informasi tentang bentuk kalimat SPOK agar dapat diterapkan dalam kepenulisan dan tidak adanya kesalahpahaman yang terjadi antara dua pihak.

 

Unsur Kalimat

Sudah disinggung sedikit sebelumnya terkait SPOK yang termasuk dalam unsur kalimat. Berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai keempat unsur tersebut, di antaranya:

 

Subjek

Subjek adalah orang atau yang bertindak sebagai pelaku dan berhubungan dengan kalimat tersebut. Subjek inilah yang memiliki keterikatan dengan klausa  yang melakukan pekerjaan dalam sebuah kalimat. Umumnya, subjek ini berupa hewan, tumbuhan, kata benda, dan benda-benda tertentu.

 

Predikat

Predikat termasuk ke dalam bagian unsur kalimat yang menunjukkan pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh subjek. Predikat ini diharuskan mengandung kata kerja atau unsur verba. Apabila tidak ada kata kerja, maka kata tersebut tidak termasuk ke dalam unsur predikat.

 

Objek

Objek merupakan sesuatu yang dijadikan sasaran pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh subjek. Contoh dari objek dalam sebuah kalimat seperti bunga, motor, dan masih banyak lainnya.

 

Keterangan

Keterangan ini digunakan sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai apa yang dikerjakan subjek dalam satu kalimat. Keterangan ini bisa berupa penjelasan yang berkaitan dengan kapan, bagaimana, dan juga di mana. Penjelasan waktu dan tempat adalah salah satu keterangan yang sering digunakan.

 

Contoh Bentuk Kalimat SPOK

Setelah mengetahui penjelasan dari unsur-unsur tersebut, di bawah ini adalah contoh dari kalimat SPOK agar kamu bisa lebih paham dengan materi yang satu ini.

Sinta     menyapu     lantai     di ruang tamu

S               P                       O                      K

Ibu     menyiram      tanaman      di pagi hari

S               P                       O                      K

 

Nah, sampai di sini dulu penjelasan terkait bentuk kalimat SPOK yang dapat disampaikan. Jangan lupa untuk mengunjungi https://tambahpinter.com/ untuk memperluas wawasan kamu.

 

You may also like