Dampak Positif dan Negatif Mengikutsertakan Anak Les atau Kursus Sebelum TK atau SD

by cs_hardiayan
Dampak Positif dan Negatif Mengikutsertakan Anak Les atau Kursus Sebelum TK atau SD

Semua orang tua saya yakin pasti ingin memberikan banyak hal baik untuk buah hatinya. Dalam hal apapun, pasti orang tua akan mengusahakan apapun yang terbaik untuk anaknya. Misalnya saja salah satunya, tidak hanya menyekolahkan anak saja. Bahkan kebanyakan dari orang tua saat ini juga mengusahakan kegiatan di luar sekolah untuk dikuti oleh buah hatinya. Misalnya seperti mengikuti kegiatan kursus atau les anak.

Namun, satu hal yang perlu Anda ingat sebelum mengikutsertakan buah hati Anda ke beberapa les atau kursus. Pastikan terlebih dahulu anak Anda mampu untuk mengikuti berbagai macam kegiatan sekolah dan diluar sekolah tersebut. Jangan dipaksakan! Pastikan Anda mengikutsertakan buah hati ke beberapa les atau kursus jika memang anak sudah benar-benar siap.

Lalu, bagaimana dengan orang tua yang mengikutsertakan buah hatinya ke kursus atau les tambahan sebelum si anak masuk TK atau SD? Apa dampak negative dan positif bagi seorang anak jika ini terjadi? Nah, untuk tahu jawabannya langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

 

Dampak Positif Mendaftarkan Anak Les Tambahan Sebelum TK atau SD

Ada beberapa dampak positif yang akan Anda dapatkan ketika seorang anak didaftarkan ke suatu les atau kursus untuk menambah kegiatannya sebelum TK atau SD.

  • Pertama yakni membuat seorang anak lebih dini atau lebih awal mengeksplor segala hal yang sesuai dengan hobi, minat dan bakatnya. Misalnya anak hobi menggambar, Anda bisa mendaftarkannya untuk mengikuti les gambar;
  • Tumbuh kembang anak lebih maju dibandingkan dengan seorang anak yang tidak ikut les;
  • Memberikan ruang kepada anak untuk memilih apa minat dan hobi yang akan dia ikuti atau pelajari.

Namun, dampak positif tersebut hanya bisa terjadi jika terlebih dahulu Anda sudah mengetahui batas kemampuan anak dan mengetahui jenis les anak apa saja yang direkomendasikan di usianya.

Dampak Negatif Mendaftarkan Anak Les Tambahan Sebelum TK atau SD

Lalu, bagaimana dampak negatifnya jika tidak mempertimbangkan usia, minat dan hobi anak?

Mungkin beberapa dampak negative yang bisa berdampak pada buah hati Anda adalah sebagai berikut.

  • Anak menjadi kehilangan waktu bermain;
  • Pertumbuhan dan perkembangan kurang sempurna;
  • Memicu masalah fisik, emosi dan psikososial.

Itu dia beberapa dampak mengikutsertakan anak les atau kursus sebelum masuk TK atau SD. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

You may also like