Uniknya Tarian Adat di Indonesia yang Dikagumi Hingga Mancanegara

by cs_hardiayan
Tari Jaipong

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan suatu negara yang terkenal dengan keberagamannya ya! Ya, ada banyak jenis budaya dan tradisi yang ada di Indonesia karena masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama. Namun, walaupun begitu hebatnya negara Indonesia tetap damai dan sejahatera karena kehidupan bernegara yang mengacu pada semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetap sama jua.

Ya, sebagai masyarakat Indonesia tentu kita harus bangga akan keberagaman budaya Indonesia. Keberagaman budaya dan tradisi Indonesia merupakan asset untuk negara Indonesia sendiri. Banyaknya budaya di Indonesia yang berbeda-beda di setiap negara juga menyebabkan munculnya tradisi yang juga berbeda-beda di setiap daerah Indonesia.

 

Uniknya Tarian Adat di Indonesia

Keberagaman budaya dan tradisi tersebut di cerminkan dengan berbagai macam hal. Salah satunya adalah tarian adat yang ada di Indonesia. Tarian adat budaya Indonesia memiliki gerakan tarian yang berbeda-beda. Hal inilah yang menjadikan tarian adat Indonesia unik karena berbeda dari wilayah satu dan yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak keunikan tarian adat di Indonesia berdasarkan pada asal daerah atau wilayahnya berikut ini.

 

Tari Kecak

Gerakan tari kecak Bali sangat unik sekali. Ya, gerakan pada tarian ini mencerminkan tentang suatu cerita Ramayana yang merupakan salah satu daya tarik dari kebudayaan Bali. Tari Kecak biasanya ditampilkan pada saat ada acara pemujaan dan seringkali disebut juga tari Sang Hyang.

 

Tari Jaipong

Berbeda dengan pulau Bali, di daerah Jawa Barat terdapat juga tarian adat yang khas yakni tari Jaiipong. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tarian yang berasal dari Jawa Barat ini. Tari Jaipong dikenal dengan gerakan tariannya yang dinamis dan atraktif yang merupakan gabungan dari tari ronggeng, pencak silat dan tari ketuk tilu.

Tari Jaipong biasanya ditampilkan pada saat akan menyambut tamu besar di festival budaya yang digelar cukup meriah dan besar.

 

Tari Remong

Kalau Bali punya tarian khas Kecak, dan Jawa Barat terkenal dengan tari Jaipongnya. Jawa Timur juga memiliki tarian yang juga unik dan terkenal hingga mancanegara yakni tari Remong. Tarian ini memiliki gerakan yang mencerminkan seorang pangeran yang berjuang di medan perang. Biasanya tari remong di tampilkan pada saat diadakan pagelaran seni atau tarian selamat datang untuk menyambut tamu.

 

Tari Gambyong

Tari gambyong yang berasal dari Jawa Tengah juga memiliki keunikan tersendiri. Tari Gambyong memiliki gerakan yang lembut dan luwes yang mencerminkan masyarakat Jawa. Tari Gambyong memiliki gerakan yang sangat indah dan anggun karena dibawakan oleh para penari wanita.

Pada saat masih ada Kraton Surakarta tari Gambyong ini ditampilkan sebagai ajang hiburan dan penyambutan tamu kehormatan.

 

Tari Serimpi

Nah, tari Serimpi yang berasal dari Yogyakarta juga memiliki keunikan tersendiri dalam gerakannya. Gerakan yang ditampilkan pada tari Serimpi ini adalah mencerminkan sifat kesopanan dan kelemahlembutan. Ya, tarian ini dilakukan dengan gerakan yang pelan dan lemah lembut.

Tarian ini ditampilkan untuk acara kenegaraan dan peringatan kenaikan tahta Sultan di lingkungan Kraton Yogyakarta.

 

Tari Saman

Tari saman adalah tarian adat Indonesia asal Aceh yang juga unik dan sudah terkenal hingga mancanegara. Tarian ini memiliki keunikan dari gerakan tangan penari untuk menciptakan suara yang serempak dan padu. Tarian ini dibawakan oleh penari secara duduk. Keserempakan para anggota tari sangat diperlukan untuk menampilkan tarian ini.

 

Tari Piring

Uniknya tarian adat Indonesia lainnya bisa dilihat dari adanya tari Piring yang berasal dari Sumatera Barat. Seperti namanya, tari piring dilakukan dengan menggunakan property piring dalam gerakan tariannya.

Itu dia beberapa keunikan tarian adat yang ada di Indonesia. Sangat unik dan beragam sekali bukan? Semoga bisa menambah wawasan Anda ya. Terimakasih.

Sumber : takterlihat.com

You may also like